Kehadiran Fleets yang Mirip IG Stories Memicu Pro Kontra di Twitter

Kompas.com - 20/11/2020, 17:03 WIB
Fitur Fleets di aplikasi Twitter The VergeFitur Fleets di aplikasi Twitter
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pengguna Twitter di Indonesia kini sudah bisa menjajal Fleets, fitur baru berupa unggahan konten dalam durasi pendek yang bisa berupa video, foto, teks, atau posting tweet.

Fleets ditempatkan di linimasa khusus di bagian atas tampilan aplikasi Twitter. Dengan format dan penempatan demikian, tak salah jika kemudian fitur anyar ini disebut mirip dengan Instagram Stories.

Seperti Instagram Stories pula, menurut Twitter, Fleets ditujukan untuk unggahan konten yang lebih ringan dan tidak perlu terlalu banyak dipikirkan seperti kicauan di linimasa utama. Isi konten Fleets pun hanya bisa dilihat selama 24 jam sebelum terhapus secara otomatis.

Baca juga: Fitur Fleets Twitter Sudah Bisa Dicoba di Indonesia, Begini Caranya

"Beberapa pengguna berkata bahwa mereka tidak nyaman mengunggah twit karena merasa terlalu permanen, dan ada banyak tekanan untuk mengumpulkan retweet dan likes," ujar Twitter dalam sebuah posting blog.

Dengan sifatnya yang terhapus secara otomatis dalam sehari, Twitter mengatakan bahwa Fleets dapat membantu pengguna dalam mengunggah pemikiran, opini, ataupun perasaan yang bersifat pribadi secara kasual.

Suka-tidak suka

Kehadiran Fleets rupanya cukup mengundang perhatian di Indonesia sehingga Fleet sempat bertengger di urutan pertama Trending Topics pada Kamis (19/11/2020).

Dari sekian banyak percakapan yang beredar, tak sedikit yang memuat reaksi pro-kontra atas Fleets di kalangan  warga Twitter Indonesia. Ada yang suka, ada juga yang tidak.

Dari pantauan KompasTekno, mereka yang kurang setuju dengan Fleets umumnya berpendapat bahwa mereka sudah nyaman dengan Twitter tanpa harus ditambahi oleh fitur baru tersebut.

Sebagian mengatakan bahwa Fleets membuat Twitter menjadi terasa sama saja dengan media sosial lain yang memang banyak menerapkan fitur sejenis.

Halaman:


Sumber NBC News
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X