FaceTime Sudah Bisa Full HD di iOS 14.2

Kompas.com - 03/12/2020, 17:08 WIB
Aplikasi video call FaceTime buatan Apple. Apple InsiderAplikasi video call FaceTime buatan Apple.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Selama ini, kegiatan tatap muka virtual melalui atau antar-perangkat Apple, biasa disebut FaceTime, hanya mentok di resolusi HD, alias kualitas 720p saja.

Kini, Apple, lewat pembaruan iOS 14.2, dikabarkan telah menghapus batas tersebut secara diam-diam dan meningkatkan kualitas video maksimal di FaceTime menjadi Full HD (1080p).

Hal ini mencuat berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh situs asal Brasil yang kerap membahas beragam produk Apple, MacMagazine.

Informasi tersebut, pantauan KompasTekno, juga sudah dicantumkan oleh Apple di situs resminya, apabila pengguna mengunjungi laman spesifikasi tekenis masing-masing iPhone (mulai dari iPhone 8), sebagaimana gambar berikut.

Kemunculan fitur FaceTime Full HD (1080p) di laman spesifikasi teknis iPhone.KOMPAS.com/Bill Clinten Kemunculan fitur FaceTime Full HD (1080p) di laman spesifikasi teknis iPhone.

Menurut penelusuran MacMagazine, iPhone 8 ke atas, seperti iPhone XR, iPhone XS, iPhone 11, hingga iPhone 12 kini sudah mendukung FaceTime Full HD. Namun, ada beberapa hal yang perlu dicatat.

Pertama-tama, FaceTime Full HD hanya bisa dilakukan dengan jaringan Wi-Fi saja. Dengan kata lain, apabila pengguna memakai jaringan seluler (4G), maka mereka hanya bisa melakukan FaceTime dengan kualitas HD.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

FaceTime Full HD sendiri sebenarnya bisa dilakukan di jaringan seluler, hanya saja ponsel harus mendukung 5G.

Fitur konektivitas generasi teranyar ini diketahui hanya hadir di jajaran iPhone 12 terbaru, sehingga iPhone 8 - iPhone 11 Pro Max, yang notabene masih 4G, tidak bisa menggunakan data seluler untuk melakukan FaceTime Full HD.

Belum diketahui bagaimana sebenarnya perbedaan kualitas gambar antara FaceTime HD dengan Full HD. Namun, MacMagazine mengklaim perbedaannya "cukup terlihat", sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Kamis (3/12/2020).

Baca juga: Apple Rilis iOS 14.2 dan iPadOS 14.2, Ada 100 Emoji Baru

iPad, MacBook, dkk sudah bisa?

Sebagai informasi, selain lewat iPhone, panggilan video FaceTime sendiri sejatinya bisa dilakukan melalui iPad, MacBook, dan perangkat Apple lainnya.

Sayangnya, MacMagazine, berikut situs resmi Apple, tidak memberikan informasi apakah perangkat selain iPhone tersebut mendukung FaceTime Full HD atau tidak. Artinya, kualitas panggilan video di berbagai perangkat Apple ini masih akan mentok di 720p.

Belum diketahui kapan perangkat selain iPhone bakal kebagian fitur tersebut. Yang jelas, pengguna iPhone 8 ke atas sudah bisa menikmati FaceTime dengan kualitas yang lebih jernih dengan cara memperbarui versi iOS perangkat menjadi 14.2.

Pembaruan bisa dilakukan dengan mengunjungi menu "Settings" > "General" > dan "Software Update".

Baca juga: iPhone 12 Dijual di Indonesia 18 Desember?



Sumber 9to5mac
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X