Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2020, 11:03 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple resmi meluncurkan iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max dalam sebuah acara virtual bertajuk "Hi, Speed" pada Oktober lalu.

Meski informasi kehadirannya di Indonesia masih misterius, kini ada sejumlah rumor yang mengklaim bahwa deretan iPhone teranyar tersebut bakal diluncurkan di Tanah Air pada bulan depan.

Setidaknya begitu menurut situs lokal yang membahas serba-serbi tentang produk Apple, MakeMac.

Sejumlah sumber mengatakan kepada situs itu bahwa iPhone 12 bakal meluncur di Indonesia pada 18 Desember, atau mundur dua minggu dibanding rumor sebelumnya, yakni 4 Desember.

Baca juga: Terungkap, Komponen Termahal iPhone 12 Tidak Terpakai di Indonesia

Pada tanggal tersebut, sumber lain juga mengklaim bahwa Apple bakal merilis empat model iPhone 12 sekaligus di Indonesia.

Namun, rumor ini belum bisa dipastikan lantaran Apple sendiri sebelumnya merilis iPhone 12 dalam dua tahap, yakni iPhone 12 dan 12 Pro lebih dulu (Oktober), serta iPhone 12 Mini dan 12 Pro Max belakangan (November).

KompasTekno telah menghubungi sejumlah reseller resmi Apple di Indonesia, seperti Erajaya (Erafone & iBox Indonesia) dan Digimap.

Namun, hingga berita ini ditayangkan, baik Erajaya maupun Digimap belum memberikan tanggapan.

Baca juga: Layar iPhone 12 Dikeluhkan Jadi Hijau

Yang pasti, informasi mengenai deretan iPhone 12 ini sudah bisa dilihat di situs Apple.com berbahasa Indonesia, yang kini terlihat lebih detail dan rinci, seperti spesifikasi lengkap keempat varian iPhone 12.

Informasi iPhone 12 yang sudah bisa ditemui di situs Apple Indonesia.KOMPAS.com/Bill Clinten Informasi iPhone 12 yang sudah bisa ditemui di situs Apple Indonesia.

Namun, situs tersebut masih menampilkan informasi "Cek kembali untuk informasi ketersediaan", menandakan ketersediaan deretan iPhone terbaru ini di Indonesia masih belum bisa dipastikan.

Direstui pemerintah

Keberadaan iPhone 12 di Indonesia yang semakin terendus juga diperkuat dengan "restu" yang diberikan oleh pemerintah, yakni Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Sertifikat iPhone 12 di sistem Sirani Kominfo.Sirani Kominfo Sertifikat iPhone 12 di sistem Sirani Kominfo.

Dari Kemenperin, iPhone 12 (A2399), 12 Mini (A2403), 12 Pro (A2407), dan 12 Pro Max (A2411) kompak telah mengantongi sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dengan nilai 30 persen.

Sebagai informasi, bobot TKDN sebesar paling tidak 30 persen adalah salah satu syarat bagi ponsel 4G untuk bisa dipasarkan di Indonesia.

Sementara dari Kemenkominfo, melalui sistem Sertifikasi Perangkat Telekomunikasi (Sirani), keempat nomor model iPhone 12 di situs Kemenperin tadi juga sudah mendapatkan izin penggunaan frekuensi radio.

Baca juga: Apple Mulai Selipkan Iklan di iPhone dan iPad?

Nah, apabila mengacu pada runutan waktu sebelum-sebelumnya, iPhone terbaru sendiri dijual di Indonesia dalam kurun dua atau tiga bulan setelah mengantongi sertifikat TKDN.

iPhone 11 misalnya, mendapat sertifikat TKDN pada akhir September 2019. Ponsel tersebut kemudian bisa dipesan secara resmi di Indonesia pada awal Desember, tepatnya 6 Desember 2019.

Jadi, jika iPhone 12 mendapat sertifikat TKDN pada akhir Oktober 2020 lalu, maka besar kemungkinannya iPhone 12 dijual resmi di Indonesia sekitar akhir Desember 2020 (boleh jadi 18 Desember tadi) atau awal Januari 2021. Kita nantikan saja kepastiannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com