Apple Didesak Jual iPhone 12 Disertai Charger

Kompas.com - 07/12/2020, 07:06 WIB
Unboxing iPhone 12 youtube/Marques BrownleeUnboxing iPhone 12

KOMPAS.com - Lini iPhone 12 memang dijual tanpa disertai charger dan earphone dalam kotak pembelian. Ini pertama kalinya Apple menjual iPhone tanpa kedua aksesori tambahan tersebut.

Pembeli hanya akan mendapatkan kabel konverter (Lightning-to-USB-C) dan sebuah ponsel saja. Dengan demikian, pengguna seolah "dipaksa" untuk membeli kepala charger atau earphone secara terpisah.

Kendati begitu, kebijakan Apple untuk tidak menyertakan charger dalam kotak pembelian nampaknya tak akan berlaku di wilayah Brasil.

Baca juga: Ikuti iPhone 12, Ponsel Android Disebut Bakal Dijual Tanpa Charger

Pasalnya, baru-baru ini, Badan Perlindungan Konsumen dari Negara Bagian Sao Paulo, Brasil, Procon-SP mendesak Apple untuk memasukkan aksesori tersebut dalam kotak kemasan iPhone 12 series.

Sebelumnya pada Oktober lalu, Procon-SP sempat menyurati Apple untuk mengklarifikasi terkait alasan, mengapa charger dan earphone tidak disertakan dalam paket pembelian iPhone 12.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9To5Mac, Senin (7/12/2020), Procon-SP juga meminta Apple untuk memberi bukti nyata, apakah kebijakannya tersebut benar-benar relevan dan dapat menguntungkan konsumennya atau tidak.

Menanggapi hal tersebut, Apple merespons pernyataan Procon-SP dengan argumen bahwa sebagian besar pengguna sudah memiliki charger dari iPhone lawas, yang kompatibel dengan iPhone 12.

Baca juga: Samsung Galaxy S21 Bakal Dijual Tanpa Charger?

Apple juga mengatakan bahwa pihaknya sengaja menghilangkan kedua aksesori tersebut dengan alasan untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

Berbanding terbalik, Procon-SP justru menentang dan beranggapan bahwa charger adalah komponen penting yang harus didapatkan konsumen ketika membeli produk smartphone.

Apabila Apple tetap mempertahankan kebijakannya, maka iPhone yang dijual dan dipasarkan tersebut dinilai melanggar aturan perlindungan konsumen Brasil.

Meski permintaan ini sudah diajukan oleh Procon-SP kepada Apple, namun Lembaga Konsumen Nasional Brasil masih mempertimbangkan untuk memaksa Apple menjual iPhone dengan kelengkapan charger dalam kotak pembelian.

 



Sumber 9to5mac
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X