Karyawan Apple WFH hingga Juni 2021, Begini Cara Mereka Kerja

Kompas.com - 14/12/2020, 08:34 WIB
Ilustrasi Apple Marina Bay Sands ketika dilihat pada malam hari. https://twitter.com/javanngIlustrasi Apple Marina Bay Sands ketika dilihat pada malam hari.

KOMPAS.com - Apple menjadi salah satu perusahaan teknologi yang mengimbau karyawannya untuk bekerja dari rumah (work from home/WFH) sejak awal tahun ini karena pandemi Covid-19. Kebijakan ini masih akan berlanjut hingga tahun depan.

Dalam pertemuan town hall baru-baru ini, CEO Apple Tim Cook mengumumkan bahwa karyawannya belum diperkenankan kembali bekerja dari kantor hingga Juni 2021.

Cook juga mengatakan terbukanya peluang bekerja secara fleksibel dari jarak jauh pada masa depan, mengingat perusahaannya cukup sukses menjalankan WFH selama pandemi.

Selama ini, Apple dikenal dengan budaya kerja yang terpusat pada kantor mereka yang ada di Cupertino, California, Amerika Serikat. Namun, secara bersamaan Cook tetap menekankan pentingnya bekerja secara tatap muka.

Baca juga: Karyawan Facebook Boleh WFH hingga Juli 2021 dan Dapat Tunjangan Alat Kerja

"Tidak ada perubahan untuk kolaborasi tatap muka," kata Cook kepada karyawannya, menurut salah satu sumber yang mengetahui pembicaraan tersebut, dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Senin (14/12/2020).

"Namun, kami telah belajar banyak, bagaimana kami bisa menyelesaikan pekerjaan kami dari luar kantor tanpa mengorbankan produktivitas atau hasil," lanjut Cook.

Cook menambahkan bahwa ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari pandemi ini. Apple akan menjaga apa pun yang sudah dihasilkan perusahaan, sambil menyelaraskan transformasi terbaik tahun ini.

Senior Vice President of Hardware Engineering Apple Dan Riccio mengatakan bahwa WFH memiliki tantangan besar dalam hal pengembangan desain perangkat karena biasanya dilakukan di laboratorium Apple.

Pembatasan wilayah juga menjadi tantangan karena teknisi, yang biasanya pergi ke China untuk membantu manufaktur peluncuran produk, jadi terhambat. Mengenai masalah ini, Apple telah mengatasinya.

Baca juga: Twitter Izinkan Karyawan Kerja dari Rumah Selamanya

Para teknisi mengendalikan robot dari rumah menggunakan iPad dan perangkat lunak augmented reality untuk membantu teknisi melihat pabrik yang berlokasi di luar negeri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X