Ada Mode Baru, Fortnite Bisa Berjalan Lebih Mulus di PC

Kompas.com - 16/12/2020, 20:17 WIB
Ilustrasi Fortnite. EpicGamesIlustrasi Fortnite.

KOMPAS.com - Pencinta game Fortnite boleh bersuka cita. Sebab, Fortnite kedatangan mode baru yang bisa membuat game berjalan lebih mulus di komputer dengan spesifikasi yang lebih rendah.

Performance Mode dirilis melalui pembaruan yang digelontorkan sejak Selasa (15/12/2020). Mode ini akan dapat diaktifkan langsung dari dalam game tersebut.

Mode tersebut nantinya akan mengurangi kualitas visual untuk meningkatkan kinerja PC dan akan mengurangi ukuran file game.

Mode baru ini akan mengurangi beban CPU dan GPU komputer. Jika mode ini diaktifkan, secara otomatis game akan menurunkan kualitas gambar agar permainan bisa berjalan lebih stabil.

Epic Games pun mencoba menerapkan Performance Mode di PC yang memiliki spesifikasi CPU Intel i5-8265U berkecepatan 1,6 GHz, RAM 8 GB, dan GPU Intel UHD Graphics 620.

Baca juga: Game Fortnite Season 5 Resmi Dimulai, Apa Saja yang Baru?

Simulasi tersebut dilakukan dengan resolusi gambar Fortnite pada kualitas 720p. Hasilnya, Performance Mode terbukti dapat mendongkrak kecepatan frame rate yang awalnya berada di angka 24 fps menjadi 61 fps.

Epic Games juga menjalankan simulasi serupa pada PC dengan spesifikasi CPU AMD A10-5745 berkecepatan 2.1 GHz, RAM 6 GB, dan GPU AMD(TM) Radeon HD 8610G.

Hasilnya, game Fortnite yang semula hanya bisa berjalan di kecepatan 18 fps bisa naik menjadi 45 fps.

Dihimpun KompasTekno dari halaman resmi Epic Games, Rabu (16/12/2020), Performance Mode bisa ditemukan di menu Advanced Graphics yang tersedia di dalam game Fortnite.

Pengaturan Performance Mode pada Fortnite PCEpic Games Pengaturan Performance Mode pada Fortnite PC
Untuk mengaktifkan mode ini, pengguna dapat mencari menu Rendering Mode dan memilih opsi Performance (Alpha).

Demi memaksimalkan kinerja PC dengan sepsifikasi lebih rendah, Epic Games juga menyarankan pengguna untuk menurunkan resolusi gambar game.

Baca juga: Keseruan Live Event Fortnite, Melawan Galactus Raksasa hingga Menyetir Bus Terbang

Pertama-tama, pengguna hanya perlu mengakses Epic Games Launcher dan pilih Library. Kemudian, cari game Fortnite dan klik ikon tiga titik (...) yang tertera di samping kanan judul game.

Pilih Options dan gulir ke bawah hingga terdapat opsi High Resolution Textures. Terakhir, klik opsi tersebut untuk mengurangi ukuran game sebesar hingga 14 GB.



Sumber Epic Games
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X