5 Fitur WhatsApp yang Jarang Diketahui tapi Berguna

Kompas.com - 06/01/2021, 19:05 WIB
ilustrasi WhatsApp user slashgear.comilustrasi WhatsApp user

KOMPAS.com - WhatsApp adalah aplikasi pesan instan terpopuler di dunia yang banyak digunakan oleh orang dari berbagai kalangan dan usia, mulai dari berkirim teks hingga konten media dan dokumen.

Kemampuan WhatsApp pun semakin lama semakin bertambah lewat aneka fitur baru yang rajin disalurkan oleh pembuatnya.

Dari sekian banyak fitur yang ada, sebagian relatif jarang diketahui tapi bisa bermanfaat untuk pengguna. Berikut ini lima di antaranya yang dihimpun oleh KompasTekno, Rabu (6/1/2021). 

1. Kirim gambar tanpa mengurangi kualitasnya

Mengunggah gambar di WhatsApp seringkali harus mengorbankan kualitas. WhatsApp akan secara otomatis terkompresi agar bisa dikirim. Walhasil, gambar akan terlihat "pecah" saat dibuka karena resolusinya rendah.

Untuk mempertahankan kualitas agar tidak menurun dan tetap sesuai aslinya, lampirkan gambar sebagai dokumen dalam obrolan.

Caranya, klik ikon lampiran (gambar klip kertas) yang ada di sisi bawah. Kemudian pilih dokumen > cari dokumen lain (di sisi paling atas) > pilih album foto yang dikehendaki > pilih foto > kirim.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengapa Orang Amerika Serikat Jarang Pakai WhatsApp?

2. Menyembunyikan pesan dengan arsip

Merasa terlalu banyak ruang obrolan (chatroom) di WhatsApp? Fitur "Arsip" bisa membantu untuk merapikan ruang obrolan.

Terutama, jika Anda masih ragu untuk menghapus keseluruhan pesan percakapan. Dengan "Arsip", chatroom hanya akan disembunyikan dan akan muncul lagi ketika ada pesan baru masuk dari kontak yang disembunyikan tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X