Oppo Reno5 5G Telat Masuk Indonesia karena Mesin CEIR Penuh

Kompas.com - 13/01/2021, 09:28 WIB
Punggung Oppo Reno5 varian Starry Black. OppoPunggung Oppo Reno5 varian Starry Black.

KOMPAS.com - Oppo menjanjikan akan merilis Reno5 5G di Indonesia. Ponsel itu itu akan menjadi ponsel dengan konektivitas 5G yang dirilis di Tanah Air, meskipun jaringan 5G belum resmi digelar.

Namun, Reno5 5G baru akan diluncurkan pada Februari mendatang, sekitar satu bulan setelah peluncuran Reno5 yang baru saja dilakukan.

Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia mengatakan bahwa pihaknya sejatinya ingin memperkenalkan Reno5 5G berbarengan dengan Reno5. Namun, ada kendala eksternal yang membuat peluncurannya tertunda sekitar satu bulan.

Baca juga: Oppo Reno5 Resmi Dirilis di Indonesia, Ini Harganya

"Tapi memang ada permasalahan dari tempat lain yang nyatanya sampai saat ini perangkatnya masih belum bisa diproduksi," kata Aryo.

Ketika ditanya apakah kendala yang dimaksud berkaitan CEIR, Aryo tidak membantahnya.

Faktor lain yang membuat Reno5 5G telat masuk Indonesia adalah libur panjang di momen Natal dan tahun baru, sehingga pengurusan perizinan menjadi lebih lama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diberitakan beberapa bulan lalu, sekitar akhir September 2020, kapasitas mesin Central Equipment Identity Register (CEIR) yang digunakan pemerintah untuk memasukkan data IMEI perangkat genggam, dikabarkan hampir penuh.

Hal ini membuat sejumlah vendor ponsel kesulitan memasukkan data IMEI produk mereka. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan, pemerintah akan menambah kapasitas mesin CEIR pada kuartal I tahun ini.

Daya tampung mesin yang semula 1,2 miliar nomor IMEI, akan ditingkatkan menjadi 2 miliar. Kendati demikian Kominfo belum mengabarkan tanggal pasti peningkatan kapasitas mesin dilakukan.

Baca juga: Kominfo Klaim Mesin CEIR Bisa Tampung IMEI Baru, Vendor Ponsel Membantah

Aryo pun masih belum bisa memastikan tanggal pasti peluncuran Reno5 5G. Dia hanya mengonfirmasi bahwa Reno5 5G nanti akan ditenagai chipset Snapdragon 765G.

"Namun untuk saat ini, demi menghormati peraturan yang berlaku di Indonesia dan setelah melakukan komunikasi dengan Kemkominfo, jaringan 5G tersebut akan kami kunci untuk sementara waktu, hingga terbitnya peraturan dan dimulainya komersialisasi jaringan 5G di Indonesia," ujar Aryo melalui keterangan resmi.

Oppo juga mengumumkan akan memboyong satu model lainnya dari lini Reno5, yakni Reno5 F yang akan dirilis bulan April mendatang. Model ini konon khusus dirilis di Indonesia. Oppo pernah merilis model Reno F ketika merilis lini Reno2 beberapa tahun lalu.

Secara hierarki, Reno F adalah model dengan banderol harga paling terjangkau di lini seri Reno. Belum ada bocoran spesifikasi apa pun terkait Reno5 F ini. Kita nantikan saja bulan April mendatang.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.