YouTuber Pengulas Gadget Ternama Beberkan Strategi Dapat Uang dari YouTube

Kompas.com - 28/01/2021, 15:03 WIB
MKBHD mengulas Samsung Galaxy S21 Ultra. MKBHD/ YouTubeMKBHD mengulas Samsung Galaxy S21 Ultra.

KOMPAS.com - Kreator konten di kanal Youtube, atau yang lebih populer disebut YouTuber, kini menjadi salah satu profesi yang banyak dilirik orang. Dengan menjadi YouTuber, seseorang bisa menghasilkan pundi-pundi uang hingga miliaran rupiah.

Lantas, sebenarnya bagaimana para kreator konten YouTube ini bisa meraup uang dari situs berbagi video tersebut?

YouTuber pengulas gadget kenamaan, Marques Brownlee, atau yang lebih dikenal dengan kanal MKBHD, membeberkan cara dirinya mendapatkan uang dari platform berlogo play button berwarna merah itu.

Menurut Brownlee, cara utama mendapatkan uang dari YouTube tentunya adalah dengan menempatkan iklan pada video yang diunggah.

Baca juga: Ini Daftar 10 YouTuber Terkaya 2020 Versi Forbes

Dengan begitu, Youtuber pemilik video akan mendapatkan bayaran karena penonton secara tidak langsung diarahkan untuk melihat iklan yang terpasang.

Brownlee mengaku menerapkan tiga strategi untuk memonetisasi video dan kanal miliknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Secara umum, elemen dasar untuk menghasilkan uang sebagai YouTuber berasal dari AdSense yang terpasang di YouTube, integrasi sponsor pada video dan kanal, serta barang merchandise juga," ungkap MKBHD sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (28/1/2021).

Brownlee memerinci, mayoritas atau 50 persen pendapatannya berasal dari sponsor dan 40 persen lainnya berasal dari YouTube AdSense. Sedangkan 10 persen sisanya didapatkan dari hal-hal lain, termasuk penjualan merchandice, lisensi, dan sebagainya.

YouTuber berusia 27 tahun itu mengungkapkan, AdSense adalah program iklan Youtube. Para YouTuber bisa memberikan slot AdSense sebanyak yang YouTuber inginkan di video.

AdSense adalah cara gratis dan mudah untuk memperoleh uang dengan menampilkan iklan Google di video YouTube. Untuk video berdurasi panjang, YouTuber juga bisa menggunakan iklan mid-roll. Iklan ini dapat disematkan pada video berdurasi delapan menit atau lebih.

Halaman:


Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.