Google dkk Sempat "Down" Selama 15 Menit

Kompas.com - 04/02/2021, 14:22 WIB
ilustrasi Google cnet.comilustrasi Google

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna internet mengeluhkan sejumlah layanan Google mengalami gangguan pada Kamis (4/2/2021). Keluhan mulai dilaporkan sekitar pukul 13.45 WIB.

Gangguan ini berlangsung tidak lama, sekitar 15 menit. Pantauan KompasTekno, sekitar pukul 14.00 WIB, layanan Google yang sempat bermasalah tersebut sudah normal kembali.

Beberapa layanan yang sempat dikeluhkan tersebut, antara lain Google Search, YouTube, Gmail, Maps, Meet, Classroom, dan lainnya.

Dari pantauan situs Downdetector, grafik laporan menunjukkan warna jingga, mengindikasikan mulai banyak laporan adanya masalah di layanan YouTube.

Dari sebaran peta, warna kuning banyak terjadi di beberapa negara bagian Amerika Serikat.
Hal yang sama juga terjadi dengan layanan Google Search.

Baca juga: YouTube, Gmail, Play Store Down!

Meskipun situs Downdetector mengindikasikan masalah terjadi di Amerika, namun cukup banyak pengguna di Indonesia mengeluhkan layanan Google error.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa di antaranya mengalami Google Search yang lambat memuat. Ada pula yang menyebut pemutaran video di YouTube mendadak buffering.

KompasTekno telah mencoba mengakses beberapa layanan Google sejak awal gangguan terjadi menggunakan beberapa provider internet yang berbeda. Hasilnya, masalah Google down ini hanya dialami beberapa penyedia internet (ISP) tertentu.

Belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai masalah ini dari tim Google.

Baca juga: Google Jelaskan Penyebab YouTube, Gmail, dkk Tumbang Tadi Malam



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.