Google Jelaskan Penyebab YouTube, Gmail, dkk Tumbang Tadi Malam

Kompas.com - 15/12/2020, 08:16 WIB
Ilustrasi sejumlah layanan milik Google Yahoo NewsIlustrasi sejumlah layanan milik Google

KOMPAS.com - Sejumlah layanan Google, antara lain YouTube, Gmail, Google Drive, Google Hangouts, dan Google Meet, sempat bermasalah pada Senin (14/12/2020) sekitar pukul 18.55 WIB.

Menurut situs DownDetector, laporan gangguan layanan Google tercatat memuncak sejak pukul 06.25 pagi ET atau sekitar pukul 18.25 WIB. Gangguan tersebut dikatakan terjadi selama lebih kurang satu jam.

Dalam laman Google status dashboard, Google sendiri menyadari adanya gangguan pada layanannya. Namun, tim teknisi Google memberikan informasi terbaru soal gangguan ini.

Baca juga: Layanan Down, Google Dominasi Trending Topic di Twitter

Seorang juru bicara Google mengatakan bahwa tumbangnya layanan Google terjadi mulai pukul 03.47 PT (sekitar pukul 18.47 WIB) dan berlangsung sekitar 45 menit.

Menurut Google, gangguan ini bukan disebabkan oleh serangan pihak ketiga, melainkan masalah yang ditemukan pada kuota penyimpanan internal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu, Google tidak menjelaskan secara rinci mengenai "penyimpanan internal" yang dimaksud.

"Gangguan yang terjadi ini merupakan kesalahan besar kami (Google)," kata juru bicara Google dalam sebuah pernyataan.

"Semua layanan kami saat ini sudah kembali normal. Kami (Google) meminta maaf kepada semua pengguna yang terdampak. Kami akan meninjau lebih lanjut dan memastikan bahwa gangguan seperti ini tidak akan terulang kembali," kata Google.

Di Indonesia sendiri, gangguan terjadi sekitar pukul 18.55 WIB. Pengguna melaporkan tidak bisa membuka YouTube, Gmail, Google Drive, dan layanan toko aplikasi Android Play Store.

Baca juga: 5 Momen Tumbangnya Layanan Google Sepanjang 2020

Tumbangnya YouTube juga memunculkan tagar #YouTubeDOWN yang menjadi trending topic Twitter di Indonesia pada Senin (14/12/2020) malam.

Pihak YouTube melalui akun Twitter-nya membenarkan bahwa layanannya memang sedang mengalami gangguan, tetapi penyebabnya belum diterangkan.

"Kami menyadari bahwa banyak dari Anda yang mengalami masalah saat mengakses YouTube. Tim kami telah menyelidiki masalah tersebut. Kami akan memberi update secepatnya terkait permasalahan ini," jelas YouTube.

Sekitar 30 menit berselang, layanan YouTube di Indonesia pun mulai berangsur normal sekitar pukul 19.35 WIB.

Baca juga: Cara Mengetahui WhatsApp, Instagram, Facebook, dan YouTube Sedang Error

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.