Google Gelar Pelatihan Virtual Gratis untuk Pelaku Startup

Kompas.com - 04/02/2021, 07:02 WIB
Ilustrasi Google Office nytimes.comIlustrasi Google Office
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Google meluncurkan program baru bernama Startup School di wilayah Asia-Pasifik, termasuk Indonesia. Program ini merupakan serangkaian pelatihan virtual gratis yang ditujukan bagi pendiri startup beserta para timnya.

Head of Google Startup APAC, Michael Kim, mengatakan bahwa program tersebut sebetulnya sudah ada sejak lama. Namun, Google baru merilis Startup School di tahun 2020 lantaran segala aspek kini mulai beralih ke platform digital.

Terlebih, pandemi Covid-19 membuat pola kehidupan masyarakat berubah, termasuk dalam hal kebutuhan teknologi.

Baca juga: Komerce Jadi Startup Terbaik The NextDev Talent Scouting 2020, Hadiah Rp 100 Juta

"Kami sebenarnya sudah menyediakan program pelatihan untuk startup selama bertahun-tahun, tetapi tahun lalu adalah pertama kalinya kami sepenuhnya menggunakan platform digital," kata Kim dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (4/2/2021).

Dalam program Startup School, Google akan membahas topik menyangkut tujuan bisnis dan dampak nyata bagi para pelaku startup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para pendiri startup akan diberi pelatihan khusus tentang bagaimana memanfaatkan platform Google di dalam bisnisnya. Pelatihan ini berlangsung dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Selain itu, Google juga akan memberi panduan mengenai penggunaan layanannya seperti Google Ads, Google Analytics, serta Google Cloud guna mendukung kemajuan bisnis startup mereka.

Karyawan Google, wirausahawan, dan pimpinan industri dari seluruh dunia juga dilibatkan untuk memberi pelatihan khusus tentang strategi bisnis dan pemasaran digital.

Lebih lanjut, Kim mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk mendukung para pelaku startup dalam mengembangkan bisnisnya serta meningkatkan adopsi teknologi guna memperbaiki perekonomian negara.

Baca juga: Startup Layanan Pencatat Keuangan BukuKas Raih Pendanaan Seri A Rp 142 Miliar

"Kami berkomitmen untuk membantu startup meraih kesuksesan, dan kami tahu bahwa kesuksesan mereka nantinya akan membantu masyarakat memecahkan masalah dan mendukung ekonomi lokal," jelas Kim.

"Walau menemui banyak tantangan, saya senang sekali masih bisa terhubung dengan komunitas startup, terutama karena banyak dari mereka menemui rintangan baru akibat pandemi global," lanjutnya.

Dengan demikian, pelaku startup diharapakan mampu melakukan akselerasi bisnis mereka sehingga dapat selamat dari jurang krisis akibat pandemi.

Informasi selengkapnya mengenai program Startup School dari Google bisa didapatkan di situs Google di tautan berikut



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.