Hati-hati saat Pindahkan Isi Chat WhatsApp ke Telegram, Ini Sebabnya

Kompas.com - 04/02/2021, 14:45 WIB
ilustrasi Telegram dan WhatsApp express.co.ukilustrasi Telegram dan WhatsApp

KOMPAS.com -Beberapa waktu lalu, Telegram meluncurkan fitur baru yang memudahkan penggunanya memindahkan isi chat dari WhatsApp ke Telegram. Fitur itu tidak hanya berlaku untuk WhatsApp saja, tapi juga sejumlah aplikasi pesan instan lain.

Namun, Anda harus lebih berhati-hati jika ingin memindahkan isi chat WhatsApp ke Telegram maupun platform ketiga lain.

Ahli keamanan siber, Zach Duffman, dalam sebuah artikel di Forbes mengatakan ada celah keamanan yang bisa dieksploitasi. Ia mengatakan, memindahkan isi chat WhatsApp ke penyimpanan awan (cloud) pihak ketiga seperti Telegram, Google, atau Apple tidak sepenuhnya aman.

Duffman mengatakan, Semua percakapan yang dilakukan di WhatsApp dilindungi sistem keamanan dari ujung ke ujung (end-to-end encryption).

Baca juga: Mengapa Telegram dan Signal Bukan Dianggap Pesaing Terkuat WhatsApp?

Sederhananya, semua chat dan panggilan yang terjadi di WhatsApp dikunci, sehingga, tidak ada pihak lain termasuk WhatsApp yang bisa mengintip isi pesan atau mendengar percakapan panggilan. Pesan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima saja.

Namun, enkripsi itu tidak lagi berlaku saat pesan yang sudah diterima oleh perangkat dicadangkan ke penyimpanan awan seperti iCloud atau Google Drive.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

WhatsApp pun sudah menjelaskan hal ini di laman FAQ, yang menerangkan bahwa "media dan pesan yang Anda cadangkan tidak dilindungi oleh enkripsi end-to-end WhatsApp saat berada di iCloud/Google Drive.

Menurut Duffman, pesan WhatsApp juga tidak akan dikunci saat diekspor ke Telegram karena aplikasi ini berbasis cloud.

Di Telegram, semua percakapan akan tersimpan di cloud Telegram, kecuali pesan yang dilakukan di Secret Chat yang dilindungi end-to-end encryption.

Pesan di luar fitur secret chat di Telegram tidak dilindungi dari ujung ke ujung. Pesan akan dilindungi di antara smartphone atau komputer ke cloud, serta antara cloud ke kontak pengguna.

Baca juga: Apa Itu WhatsApp GB yang Ramai Dibicarakan di Twitter?

Aplikasi berbasis cloud seperti Telegram memiliki keuntungan, salah satunya chat bisa diakses dari beberapa perangkat secara bersamaan.

Bukan cuma WhatsApp. Chat dari aplikasi Signal pun memiliki potensi kerentanan yang sama apabila ditransfer ke Telegram atau cloud pihak ketiga.

Hal yang sedikit berbeda terjadi di perpesanan yang terjadi di iMessage. Apple melindungi semua pesan iMessage bahkan ketika berada di iCloud sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Sunday Vision, Kamis (4/2/2021).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X