Google Beri Label "Kejadian Darurat" untuk Banjir di Pulau Jawa

Kompas.com - 09/02/2021, 12:11 WIB
Google tandai banjir di Pulau Jawa sebagai kejadian darurat. GoogleGoogle tandai banjir di Pulau Jawa sebagai kejadian darurat.

 

KOMPAS.com - Intensitas hujan yang tinggi membuat sejumlah daerah di Indonesia dikepung banjir, khususnya di wilayah Pulau Jawa. Google pun menandai banjir di Pulau Jawa sebagai kejadian darurat. 

Google memberi label "SOS Alert" atau "peringatan SOS" pada hasil pencarian kata kunci yang berhubungan dengan banjir tersebut. Misalnya ketika pengguna mencari kata kunci "banjir hari ini" atau "banjir jawa".

Google juga akan menampilkan sejumlah hasil pencarian yang berkenaan dengan kejadian darurat tersebut, seperti berita terkini hingga peta wilayah yang terdampak.

Sebagai informasi, peringatan darurat atau SOS Alert ini biasa diberikan Google untuk mempermudah memberikan akses informasi darurat ketika terjadi krisis yang disebabkan manusia atau alam.

Untuk memberikan informasi darurat, Google mengumpulkan konten yang relevan dan otoritatif dari web, media sosial, dan produk Google lainnya. Informasi itu lalu disorot lewat Google Search dan Maps.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Uang yang Diberikan Google untuk Penemu Bug Pecahkan Rekor

"Kami juga mengumpulkan informasi dari produk dan layanan Google lainnya, seperti Google Berita, Google Maps, Waze, dan sebagainya," begitu tulis Google di laman dukungan.

Tanda SOS akan muncul jika pengguna berada di dekat area krisis. Pengguna juga dapat melihat peringatan SOS langsung di peta, jika ada peringatan yang aktif di area yang sedang dilihat pengguna.

Selain menampilkan titik banjir, Google juga menampilkan beberapa halaman dan akun media sosial resmi pemerintah untuk memantau informasi terkini seputar banjir dan melihat akses mana saja yang terhambat akibat banjir.

Adapun laman pemerintah yang terintegrasi adalah jakarta.go.id, akun Twitter dengan handle @InfoBMKG, dan akun Twitter @BPBDJakarta. Pengguna juga bisa mengakses "lihat pembaruan terkini" yang akan dihubungkan ke laman pencarian Google yang akan menampilkan informasi terbaru tentang banjir yang dimuat media online.

Lokasi banjir di Pulau Jawa saat ini juga bisa dipantau langsung lewat Google Maps lewat kanal bernama "Java Floods". Kanal tersebut bisa diakses di tautan ini dan informasinya akan diperbarui secara berkala.

Baca juga: Begini Tampilan Awal Google Maps yang Dirilis 16 Tahun Lalu

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.