Kompas.com - 20/02/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi merger Indosat Ooredoo dengan Hutchison Tri Indonesia. KOMPAS.com/Reska K. NistantoIlustrasi merger Indosat Ooredoo dengan Hutchison Tri Indonesia.

KOMPAS.com - Operator seluler Hutchison Tri Indonesia (3) dan Indosat Ooredoo sampai saat ini masih mematangkan rencana merger mereka.

Pada Desember lalu, CK Hutchison Holding Ltd sebagai induk dari Tri (3) Indonesia resmi meneken memorandum of understanding (MoU) dengan Ooredoo Q.P.S.C, pemegang saham mayoritas Indosat Ooredoo (ISAT).

Kedua belah pihak saat ini tengah melanjutkan proses negosiasi secara eksklusif hingga 30 April 2021. Merger keduanya diprediksi akan sedikit mengubah persaingan operator di Indonesia.

Perusahaan riset jaringan mobile OpenSignal memprediksi, akan ada perubahan yang dirasakan pengguna setelah keduanya bergabung.

Baca juga: Pengguna Diuntungkan jika Merger Indosat dan Tri Terwujud

OpenSignal mengukur sejumlah variabel. Hasilnya, dari empat kategori yang dianalisis, pengguna dua operator seluler akan merasakan perubahan positif saat bermain mobile game secara online. 

Selain itu, jika dua operator ini bergabung, pengguna juga akan mendapat kecepatan unggah yang meningkat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

"Meskipun Indosat mencetak kecepatan unduh dan unggah rata-rata yang lebih cepat dibandingkan dengan operator Tri, namun, operator Tri menunjukkan pengalaman yang lebih baik pada metrik kami yang mengukur pengalaman streaming video dan gaming online," tulis OpenSignal.

Menurut OpenSignal jika kedua operator itu bergabung, peningkatan pengalaman ini akan dirasakan bersamaan oleh pengguna Indosat dan Tri.

"Perkiraan skor gabungan Indosat dan Tri, kami melihat bahwa tidak hanya pengguna dari satu operator saja yang akan mendapat manfaat dari mengakses jaringan operator lainnya," tulis OpenSignal dalam keterangan resminya kepada KompasTekno, Sabtu (20/2/2021).

Baca juga: Indosat-Tri Siap Merger, Peluang Indonesia untuk Buyback Makin Kecil

Telkomsel masih mendominasi

Menurut riset OpenSignal, Telkomsel memiliki pangsa pelanggan terbesar di Indonesia. Artinya, skor Telkomsel memiliki bobot yang lebih besar dalam rata-rata nasional.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.