Cara Gamer di India Melawan Tengkulak PS5

Kompas.com - 24/02/2021, 19:35 WIB
Ilustrasi PS5 dengan controller DualSense. TechspotIlustrasi PS5 dengan controller DualSense.

KOMPAS.com - Meski telah diluncurkan secara global sejak akhir tahun 2020 lalu, konsol terbaru besutan Sony, PlayStation 5 (PS5) masih sulit untuk didapatkan di sejumlah negara.

Langkanya stok PS5 disebabkan oleh tingginya angka permintaan dari para penggemar konsol PlayStation. Ironisnya, kondisi ini sengaja dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk meraup keuntungan.

Sejumlah reseller di India yang memborong PS5, diketahui menjual kembali konsol ini dengan harga hingga dua lipat dari harga resmi.

Sebagai informasi, harga PS5 Standard Edition resmi di India dibanderol 50.000 Rupee (Rp 9,7 juta). Sementara versi Digital Edition dijual dengan harga 40.000 Rupee (sekitar Rp 7,8 juta).

Namun, para reseller ini mematok harga yang fantastis, yakni hingga 80.000 Rupee (sekitar Rp 15,5 juta) untuk satu buah konsol PS5. Konsol tersebut dijual para tengkulak melalui e-commerce OLX.

Mengetahui hal tersebut, komunitas gamer di India tidak tinggal diam. Mereka kemudian melaporkan (i) akun reseller yang menjual PS5 dengan harga tidak resmi, dengan harapan akun tersebut akan diblokir oleh platform.

Baca juga: Resmi Dijual di Indonesia, Ini Harga PS5 Standard dan Digital Edition

Imbauan yang diunggah komunitas gamer India melalui Facebook mengajak para gamer lain untuk melaporkan (report) akun reseller di OLX yang menjual PS5 dengan harga yang berbeda dari harga resmi.IGN India Imbauan yang diunggah komunitas gamer India melalui Facebook mengajak para gamer lain untuk melaporkan (report) akun reseller di OLX yang menjual PS5 dengan harga yang berbeda dari harga resmi.
Imbauan ini kemudian disuarakan secara luas melalui berbagai platform media sosial, mulai dari Facebook, WhatsApp, Reddit, hingga Discord. 

"Kami mencoba untuk melaporkan semua iklan OLX. Setiap hari, sebagian besar iklan dihapus dengan sangat cepat," kata salah seorang pengguna Reddit.

Dengan melakukan langkah tersebut, komunitas gamer di India berharap agar reseller dapat menjual kembali PS5 ke pasaran dengan harga yang telah ditentukan sebelumnya oleh Sony.

"Jika hal ini terus berlanjut, kemungkinan para reseller akan mengembalikan stok dan stok baru akan tersedia untuk pre-order selanjutnya," tulis akun Reddit r/IndianGaming.

Halaman:


Sumber IGN India
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X