Ini Tiga Kelebihan Android 12 Dibandingkan Android 11

Kompas.com - 24/02/2021, 11:39 WIB
Android 12 disinyalir memiliki nama kode Snow Cone. XDA DevelopersAndroid 12 disinyalir memiliki nama kode Snow Cone.

KOMPAS.com - Google tengah mempersiapkan sistem operasi (OS) terbarunya, Android 12. Baru-baru ini, versi pertama developer preview OS itu pun sudah digulirkan oleh Google.

Dalam versi pengembang pertama ini, Android 12 memiliki sejumlah fitur baru dan beberapa peningkatan.

Sejauh ini, ada tiga fitur baru yang cukup signifikan yang disematkan pada Android 12 versi developer preview yang tidak ada pada Android 11.

Pengguna yang ingin mencoba Android 12 versi developer ini bisa mengunduh melalui tautan berikut. Namun, perlu diingat juga, bahwa fitur yang ada pada versi developer preview ini belum final.

Artinya, Android 12 versi pengembang ini masih akan memiliki banyak bug. Kendati demikian, Android 12 versi pengembang ini memberi gambaran untuk kita fitur baru apa saja yang akan dimiliki sistem operasi tersebut.

Nah, berikut ini adalah tiga fitur atau kelebihan yang dimiliki Android 12 dan tidak ada di Android 11 sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Rabu (24/2/2021).

1. Fitur Privasi

Google menyematkan sejumlah fitur privasi baru ke dalam aplikasi untuk memberi pengguna lebih banyak transparansi dan kontrol terhadap data pribadi mereka.

"Dalam rilis hari ini, kami telah menambahkan kontrol baru atas pengenal (identifier) yang dapat digunakan untuk pelacakan, default yang lebih aman untuk komponen aplikasi, dan banyak lagi," tulis Google dalam blog Android Developers.

Perlu dicatat bahwa fitur ini tidak seketat fitur "nutrition labels" yang ada pada iOS milik Apple. Fitur baru di iOS tersebut memungkinkan pengguna mengetahui data pribadi apa saja yang dikumpulkan oleh aplikasi yang mereka unduh.

Tampilan baru kotak dialog perizinan di Android 12 dengan opsi Allow in setting. XDA Developers Tampilan baru kotak dialog perizinan di Android 12 dengan opsi Allow in setting.
Fitur privasi di iOS itu mewajibkan pengembang untuk meminta izin kepada pengguna jika ingin mengumpulkan data dan melacaknya. Android 12 belum ke arah sana.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X