Sony Umumkan Headset VR Khusus Untuk PS5

Kompas.com - 25/02/2021, 07:03 WIB
Headset virtual reality PlayStation VR SonyHeadset virtual reality PlayStation VR

KOMPAS.com - Para pemilik PlayStation 5 (PS5) bakal mendapat headset Virtual Reality yang didesain khusus untuk konsol game next-gen itu. Rencana peluncurannya pekan ini resmi diumumkan oleh Sony.

Senior Vice President, Platform Planning & Management Sony Hideaki Nishino mengatakan bahwa headset yang merupakan penerus PS VR di PS4 itu akan membawa peningkatan resolusi, tracking, dan input yang diklaim lebih baik dibandingkan pendahulunya.

"Pemain bakal merasakan sensasi yang lebih nyata dan semakin hanyut dalam dunia game ketika mereka menggunakan headset baru ini," tulis Hideaki sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PlayStation Blog, Rabu (24/2/2021).

Baca juga: Cara Gamer di India Melawan Tengkulak PS5

Sayangnya, belum banyak informasi mengenai calon headset VR
dalam pengembangan. Hideaki menegaskan bahwa perangkat ini tak akan dirilis pada 2021. Dengan demikian, para peminat mesti menunggu hingga setidaknya tahun depan.

Masih banyak yang harus dikembangkan untuk sistem VR kami yang baru," lanjut Hideaki dalam pengumuman di PlayStation Blog.

Satu hal yang pasti, Hideaki mengatakan perangkat ini akan hadir dengan satu buah controller khuss yang bakal mengadopsi sejumlah fitur yang dimiliki oleh DualSense, controller khusus untuk PS5.

Controller VR itu pun kemungkinan bakal dibekali dengan kemampuan adaptive trigger dan haptic feedback ala DualSense.

Baca juga: YouTuber Ini Habiskan Rp 986 Juta untuk Beli PS5 Terbesar di Dunia

Headset Virtual Reality sebelumnya dari Sony adalah PlayStation VR yang diluncurkan 2016 lalu.

Perangkat ini dibanderol dengan harga sebesar 400 dollar AS (sekitar Rp 5,6 juta) dan dapat digunakan bersama PS4 untuk memainkan beberapa judul game populer seperti Astro Bot: Rescue Mission, Tetris Effect, Blood & Truth, Moss, Beat Saber, dan Resident Evil 7 Biohazard.

Saat ini perangkat PlayStation VR masih dapat digunakan pada konsol PS5. Meski demikian, pengguna wajib menggunakan sebuah adapter khusus untuk menghubungkannya ke PS5.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X