Ini Tantangan Oppo Saat Bikin Teknologi Cas Baterai 20 Menit

Kompas.com - 24/02/2021, 16:35 WIB
Ilustrasi Oppo 125W flash charge. OppoIlustrasi Oppo 125W flash charge.

KOMPAS.com - Sekitar Juli 2020 lalu, Oppo mengumumkan sebuah teknologi pengecasan kilat (fast charging) terbaru yang dijuluki "125W Flash Charge".

Teknologi yang diklaim pertama di industri smartphone ini disebut mampu mengisi daya baterai ponsel berkapasitas 4.000 mAh, dari 0 hingga 41 persen dalam 5 menit. Sementara pengisian ulang penuh (100 persen) diklaim hanya membutuhkan waktu 20 menit.

Strategic Product Manager Oppo, Su Song mengungkap bahwa proses perampungan teknologi 125W Flash Charge dari konsep hingga resmi diumumkan, tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Sebab, para teknisi yang menggodok teknologi tersebut harus "putar otak" demi menyelesaikan berbagai tantangan yang muncul.

Baca juga: Wireless Air Charging Oppo Bisa Isi Baterai Ponsel Tanpa Harus Menempel

"Karena teknologi 125W Flash Charge merupakan pertama kali di dunia dan berkaitan dengan tegangan tinggi, kami sejatinya dihadapi dengan sejumlah masalah ketika mengembangkan teknologi tersebut," ujar Song kepada KompasTekno dalam acara MWCS 2021 Media Pre-brief, Jumat (19/2/2021).

Song menjelaskan, ada tiga tantangan yang mesti dihadapi para pengembang teknologi 125W Flash Charge. Di antaranya adalah masalah temperatur, masalah efisiensi, serta masalah ukuran/bentuk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masalah temperatur bisa diatasi dengan cara menyematkan 10 sensor temperatur tambahan pada ponsel, untuk mendeteksi anomali kenaikan suhu.

Sensor-sensor ini dibenamkan agar suhu ponsel tetap di bawah 40 derajat Celcius, ketika proses pengisian daya berlangsung. Untuk masalah efisiensi, Oppo menggunakan baterai berjenis baru yang dinamai "Multiple-tab Double 6C Cell".

Baterai ini dibekali dengan tiga pipa daya pengisian, memungkinkan daya 125W yang dihantarkan dibagi secara paralel demi menghindari energi panas berlebih.

Baca juga: Oppo Resmikan Teknologi 125W Fast Charge, Isi Baterai Penuh dalam 20 Menit

Adapun masalah ukuran dan bentuk dapat terselesaikan dengan meningkatkan aspek power density pada adapter charger yang mendukung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.