Aplikasi Samsung Ini Bisa Cegah Ponsel Galaxy Kepanasan

Kompas.com - 26/02/2021, 17:31 WIB
Samsung Galaxy S20 Ultra phonearena.comSamsung Galaxy S20 Ultra
|
Editor Oik Yusuf

 

KOMPAS.com - Samsung merilis pembaruan untuk aplikasi Galaxy Labs dengan menghadirkan pengaturan CPU throttling yang bernama Thermal Guardian. Lewat fitur ini, pengguna bisa mengubah setelan thermal throttling supaya perangkat tidak kepanasan.

Thermal throttling adalah fitur yang terdapat di prosesor modern, mulai dari PC desktop hingga smartphone. Fungsinya adalah untuk mencegah kerusakan fisik dengan cara menurunkan kinerja apabila prosesor sudah menyentuh batas suhu tertentu.

Baca juga: Samsung Jamin Update Keamanan Smartphone Galaxy hingga Empat Tahun

Nah, batasan suhu inilah yang bisa diatur pengguna ponsel Samsung lewat Galaxy Labs. Besarnya adalah diturunkan sebesar 2 derajat celsius, atau dinaikkan sebesar 2 derajat celsius.

Apabila diturunkan, maka prosesor di ponsel akan lebih cepat melakukan throttling sehingga tidak kepanasan, dengan konsekuensi penurunan kinerja juga lebih cepat terjadi.

Jika dinaikkan, maka kinerja ponsel akan lebih lama berada di tingkat maksimal, tapi konsekuensinya suhu juga meningkat dan perangkat lebih lama mengalami panas.

Fitur Thermal Guardian di Galaxy Labs untuk mengatur batasan suhu throttling prosesorPhone Arena Fitur Thermal Guardian di Galaxy Labs untuk mengatur batasan suhu throttling prosesor

Pengaturan thermal throttling biasanya dilakukan secara otomatis, sementara Galaxy Apps meyerahkan kendali ini ke tangan pengguna.

Galaxy Labs juga memiliki beberapa fitur lain, seperti Battery Guardian, Battery Tracker, Galaxy App Booster, dan Memory Guardian.

Fitur Battery Tracker berguna untuk memonitor aplikasi apa saja yang paling sering memboroskan baterai. Tak cuma itu, fitur ini juga mampu memprediksi dengan akurat kapan baterai ponsel akan habis.

Fitur Battery Guardian dan Battery Tracker di aplikasi Galaxy Labsphonearena.com Fitur Battery Guardian dan Battery Tracker di aplikasi Galaxy Labs

Sementara , fitur Battery Guardian menyediakan aneka setting untuk mempermudah pengguna dalam mengatur konsumsi daya perangkat.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (26/2/2021), Galaxy App Booster adalah fitur yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja aplikasi pada ponsel. Fitur ini diklam mampu meningkatkan kinerja aplikasi hingga 15 persen.

Baca juga: Menjajal Galaxy Buds Pro, Earphone TWS Jagoan Baru Samsung

Adapun Memory Guardian merupakan fitur di mana pengguna bisa membersihkan RAM, berikut media penyimpanan internal dari aneka junk file yang tak terpakai.

Fitur Galaxy App Booster dan Memory Guardian di aplikasi Galaxy Labsphonearena.com Fitur Galaxy App Booster dan Memory Guardian di aplikasi Galaxy Labs

Galaxy Apps sendiri sebenarnya sudah beredar sejak 2016, tapi ketersediaannya terbatas hanya untuk wilayah tertentu saja. Aplikasi ini bisa diperoleh di toko Galaxy Store lewat tautan berikut. Versi APK bisa diperoleh di situs SamMobile di sini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X