Google Ungkap Tingkat Kerumunan Masyarakat Indonesia Selama Pandemi

Kompas.com - 25/02/2021, 17:10 WIB
ilustrasi Google wired.comilustrasi Google

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 berdampak pada perubahan pola hidup masyarakat. Hal itu dapat dilihat dari segala aktivitas yang dilakukan di berbagai bidang seperti pendidikan, perkantoran, tempat ibadah, sarana rekreasi atau hiburan, dan lain sebagainya.

Kini, masa adaptasi kebiasaan baru mulai diimplementasikan. Protokol kesehatan yang berlaku juga menjadi pedoman masyarakat khususnya bagi mereka yang menjalani rutinitas di luar ruangan.

Meski begitu, menurut laporan terbaru yang dirilis oleh Google berjudul "Covid-19 Community Mobility Report", sebagian besar orang Indonesia masih memilih untuk tetap berdiam diri di rumah selama pandemi Covid-19 berlangsung.

Dalam hasil riset tersebut, Google juga menyajikan data tingkat kerumunan di sejumlah wilayah di Indonesia, lengkap dengan rincian persentase di wilayah tersebut.

Riset ini dilakukan pada awal 2021, tepatnya 10 Januari hingga 21 Februari lalu.

Baca juga: 2020, Orang Lebih Banyak Cari Info Virus Corona daripada Cuaca di Google

Tingkat kerumunan ini dibagi menjadi enam kategori, yakni tempat umum dan rekreasi, pusat grosir dan apotek, taman bermain dan sejenisnya, stasiun dan terminal, kawasan bisnis, serta pemukiman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tingkat kerumunan masyarakat Indonesia berdasarkan laporan GoogleGoogle Tingkat kerumunan masyarakat Indonesia berdasarkan laporan Google
Riset tersebut menunjukkan bahwa pergerakan masyarakat di bidang retail dan rekreasi, data menunjukkan adanya penurunan sebanyak 23 persen dari kondisi normal.

Berikutnya, dari segi mobilitas belanja masyarakat, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun belanja obat-obatan dan kebutuhan medis, terpantau mengalami penurunan sebanyak 5 persen dari kondisi normal.

Kunjungan masyarakat ke sejumlah tempat terbuka yang bersifat umum juga mengalami penurunan. Menurut hasil riset Google, angka penurunannya mencapai 23 persen.

Tingkat kerumunan masyarakat Indonesia berdasarkan laporan GoogleGoogle Tingkat kerumunan masyarakat Indonesia berdasarkan laporan Google
Selanjutnya yaitu pergerakan masyarakat dalam menggunakan transportasi publik. Untuk aspek ini, penurunan terjadi paling tinggi yaitu mencapai 38 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.