Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Game Ini Mendadak Populer di Masa Pandemi

Kompas.com - 06/03/2021, 10:01 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - "Hidup akan lebih menyenangkan apabila kita bermain game." Begitu kata seorang penulis asal Inggris, Roald Dahl dalam bukunya yang berjudul My Uncle Oswald (1979).

Ungkapan ini juga mungkin diutarakan oleh sebagian besar orang yang terpaksa harus berdiam diri di rumah demi memutus rantai penyebaran Covid-19. Untuk melepas penat, banyak yang memilih bermain game.

Wajar saja jika selama pandemi para pengembang game mendapat lonjakan jumlah pemain yang lebih tinggi dibanding biasanya.

Baca juga: Bermain Game di Rumah Selama Pandemi, Baik untuk Kesehatan Mental

Pandemi ternyata menjadi "berkah" bagi sejumlah pengembang game. Sebab, ada beberapa game yang mendadak ramai dimainkan, terutama game online yang memungkinkan pemainnya berinteraksi di ruang virutal.

Nah, KompasTekno merangkum 3 game yang populer dan ramai dimainkan pada saat pandemi setahun belakangan. Berikut ini selengkapnya.

Animal Crossing: New Horizons

Animal Crossing: New Horizons.Nintendo Animal Crossing: New Horizons.

Game buatan Nintendo yang dirilis pada masa-masal awal pandemi, Animal Crossing: New Horizons, langsung mendapat sambutan positif dari para pemain.

Game yang hadir untuk konsol Nintendo Switch ini berhasil terjual sebanyak lebih 1,88 juta kopi hanya dalam waktu tiga hari sejak peluncurannya pada 20 Maret 2020.

Per 31 Desember 2020, game tersebut berhasil terjual sebanyak 31,18 juta kopi, mengalahkan Super Smash Bros. Ultimate yang mencatat penjualan 22,85 juta kopi.

Hal ini menjadi menarik lantaran Super Smash Bros. Ultimate dikenal sebagai salah satu game Nintendo terlaris. Bahkan, Presiden Nintendo Shuntaro Furukawa mengklaim Animal Crossing: New Horizons merupakan salah satu penyebab Nintendo Switch laris manis di pasaran.

Baca juga: Game Klasik Pac-Man dan Dig Dug Bakal Bisa Dimainkan di Pesawat

"Karena Animal Crossing: New Horizons jadi game 'seksi', banyak konsumen yang tiba-tiba tertarik dengan Nintendo Switch. Hal ini juga menjadi salah satu pemicu mengapa penjualan konsol game ini meroket," kata Furukawa dalam sebuah wawancara.

Animal Crossing: New Horizons sendiri merupakan game yang memungkinkan kita untuk bertemu kerabat atau orang lain dalam dunia virtual. Hal ini pula yang membuat game ini ramai dimainkan saat orang-orang tidak bisa keluar rumah karena pandemi Covid-19.

Bahkan, banyak yang sudah memanfaatkan Animal Crossing untuk berbagai kepentingan, seperti rapat, konferensi pers, hingga kampanye pilpres AS.

Among Us

Ilustrasi game Among UsInner Sloth Ilustrasi game Among Us

Meski sudah dirilis sejak Juni 2018 lalu, game simulasi bertahan hidup (survival) Among Us justru mendadak naik daun dan sempat trending di Twitter pada September 2020 lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com