Kompas.com - 05/03/2021, 16:13 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini, nama Dadang Subur mendadak jadi buah bibir di jagat maya. Pak Dadang tak lain ialah pecatur Indonesia di platform Chess.com dengan akun "Dewa_Kipas".

Ia berhasil mengalahkan Levy Rozman alias GothamChess, gamer catur profesional dengan titel IM (International Master) yang kerap menyiarkan pertandingan catur di platform Twitch dan YouTube.

Namun, setelah kemenangan tersebut, akun Chess.com milik Pak Dadang ditangguhkan karena dianggap bermain curang.

Menanggapi hal ini, Ali Akbar yang merupakan anak dari Dadang Subur mengunggah video klarifikasi terkait tuduhan kecurangan tersebut di laman Facebook.

Dalam video berdurasi 21 menit yang diunggah Ali melalui akun Facebook-nya, sang ayah menegaskan bahwa dirinya tidak bermain menggunakan cheat. Ia pun menjelaskan bagaimana ia bisa mengalahkan GothamChess.

Baca juga: Mengenal Pak Dadang, Pecatur Indonesia di Chess.com yang Kalahkan Gamer Catur Dunia

Menurut Dadang, langkah-langkah yang dilakukan GothamChess mirip dengan bot atau komputer yang sering ia lawan di aplikasi bernama Shredder Chess, meskipun memang ada perbedaan.

Sebagai informasi, dengan aplikasi tersebut pemain bisa berlatih melawan bot dengan tingkat kemampuan yang berbeda-beda.

Berbekal dari pengalaman itulah Dadang menentukan langkah-langkah yang kemudian mengalahkan GothamChess.

"Langkah Mr. Levy (GothamChess) itu memang standar komputer, saya kan sudah biasa. Cuma dia agak sedikit berani, ada langkah yang berani," kata Dadang dalam video tersebut.

Ketika bermain di aplikasi Shredder Chess, Dadang mengklaim dirinya sudah mengantongi ELO (rating pemain dalam dunia percaturan) 2.600.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.