GothamChess dan Microsoft, Bukti "Galak"-nya Netizen Indonesia

Kompas.com - 05/03/2021, 20:13 WIB
Gamer catur dunia GothamChess IstGamer catur dunia GothamChess

KOMPAS.com - Levy Rozman, gamer catur online dunia dengan ID GothamChess, menggembok atau mengubah akun Twitter-nya menjadi privat, setelah insiden pertandingan catur online melawan pemain Indonesia, Dewa_Kipas di platform Chess.com.

Semua bermula saat akun Dewa_Kipas milik pecatur profesional Indonesia, Dadang Subur diblokir oleh Chess.com, setelah mengalahkan GothamChess dalam pertandingan catur virtual, yang juga disiarkan lewat YouTube dan Twitch beberapa waktu lalu.

Setelah mengalahkan GothamChess, akun Dewa_Kipas diserang pendukung GothamChess, karena dituding bermain curang. Sementara warganet dari Indonesia membela Dewa_Kipas dan merundung akun Twitter @GothamChess.

Baca juga: Cara Pak Dadang Dewa Kipas Kalahkan Gamer Catur Dunia GothamChess

GothamChess pun akhirnya memilih untuk "menggembok" akun Twitter-nya. Ia tidak menjelaskan mengapa akun media sosialnya itu dikunci.

Namun menurut postingan Facebook Ali Akbar, putra Dadang Subur, akun media sosial Levy sempat dirundung warganet Indonesia setelah pemberitaan pertandingan Levy dan ayahnya semakin gencar.

Ali juga meminta agar warganet berhenti menyerang akun media sosial GothamChess.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk para warganet Indonesia, berhentilah menyerang Levy (Gothamchess) karena masalah kami telah selesai dengan damai.

Ia pun meminta maaf kepada Levy karena akibat kejadian ini, akunnya diserang oleh pengguna internet Indonesia. Meskipun akun Twitter GothamChess sudah dikunci, namun jejak komentar galak warganet masih bisa mudah ditemukan.

Banyak yang melontarkan kata kasar dan umpatan, beberapa ada pula yang menggunakan kata-kata bernada rasisme dan provokasi.

Tangkapan layar beberapa komentar warganet yang merundungi akun media Twitter @GothamChess.Ist Tangkapan layar beberapa komentar warganet yang merundungi akun media Twitter @GothamChess.
Tangakapan layar kometar warganet Indonesia yang bernada provokatif untuk merundung akun media sosial GothamChess.Ist Tangakapan layar kometar warganet Indonesia yang bernada provokatif untuk merundung akun media sosial GothamChess.

Menurut Ali, akibat kejadian ini, beban yang ditanggung Levy lebih besar ketimbang sang Ayah. Sebab, Levy masih aktif bermain catur virtual hingga sekarang yang menjadi sumber penghasilannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X