Kompas.com - 12/03/2021, 13:12 WIB
iPhone 12 Mini dan iPhone 12 Pro cnet.comiPhone 12 Mini dan iPhone 12 Pro
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Usai diperkenalkan secara global pada Oktober 2020 lalu, kini Apple telah memulai perakitan lini ponsel terbarunya, iPhone 12, di India.

Foxconn ditunjuk sebagai rekanan manufakturnya. Foxconn merupakan merupakan pabrikan perangkat elektronik asal Taiwan yang telah lama menjadi rekanan Apple.

Kabarnya, iPhone 12 akan diproduksi di pabrik perakitan Foxconn yang berlokasi di negara bagian Tamil Nadu, India. "Kami  bangga bisa memulai produksi iPhone 12 di India untuk pelanggan lokal kami di sana," kata Apple dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Ini Daftar Harga iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max di Indonesia

Untuk saat ini baru satu model dari lini iPhone 12 yang dirakit di India, yakni iPhone 12 reguler. Belum ada keterangan kapan model iPhone 12 lainnya, versi Pro, Pro Max, dan Mini, akan menyusul dirakit di sana.

Apple mulai merakit iPhone di India pada 2017, dimulai dengan iPhone SE. India sendiri merupakan salah satu pasar smartphone terbesar di dunia.

Parakitan iPhone di India sempat diwarnai demonstrasi dan kerusuhan pada akhir tahun lalu karena pekerjanya tidak digaji selama berbulan-bulan.

Baca juga: 4 Bulan Belum Digaji, Ratusan Buruh Pabrik iPhone Mengamuk di India

Apple hanya menguasai 2 persen market share di sana, tapi belakangan meningkat. Pada kuartal yang berakhir pada Desember 2020, misalnya, Apple mencatat pengiriman 1,5 juta ponsel di India, tumbuh 100 persen secara Year-over-Year.

Belakangan Apple makin gencar berinvestasi di India. Toko online pertamanya resmi dibuka di negara tersebut pada 2020, sementara toko fisik perdananya bakal menyusul tahun ini.

Apple diperkirakan bakal mengalihkan 7-10 persen produksi iPhone ke India untuk mengurangi ketergantungan terhadap China, menyusul ketegangan dari perang dagang antara Amerika Serikat dan Negeri Tirai Bambu.

Selain India, kabarnya Foxconn juga akan memindahkan sebagian produksi laptop MacBook dan tablet iPad ke negara Vietnam, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gadgets Now, Jumat (12/3/2021).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X