Layar Redmi Note 10 AMOLED tapi Fingerprint Masih di Samping, Xiaomi?

Kompas.com - 01/04/2021, 11:59 WIB
Pemindai sidik jari Redmi Note 10 sudah terintergrasi dengan tombol power (side-mounted). Ponsel ini juga dilengkapi dengan biometrik AI Face Unlock. KOMPAS.com/ GALUH PUTRI RIYANTOPemindai sidik jari Redmi Note 10 sudah terintergrasi dengan tombol power (side-mounted). Ponsel ini juga dilengkapi dengan biometrik AI Face Unlock.

KOMPAS.com - Xiaomi baru saja memperkenalkan dua jagoan barunya di Indonesia, yakni Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro. Dua smartphone tersebut sama-sama dibekali layar berjenis AMOLED.

Meski sudah mengadopsi panel AMOLED, Redmi Note 10 Series masih menggunakan pemindai sidik jari (fingerprint scanner) di sisi samping bodi ponsel.

Padahal, smartphone yang berbekal display AMOLED umumnya sudah mendukung fitur pemindai sidik jari pada layar alias Fingerprint In Display.

Lantas, mengapa Xiaomi tidak meletakkan fitur keamanan tersebut ke bawah layar?

Menurut Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, keputusan itu tak lain dilatarbelakangi pertimbangan kenyamanan pengguna khususnya dari segi layar AMOLED yang pertama kali hadir di jajaran Redmi Note 10 Series.

"Pertama, kita (Xiaomi) ingin memberikan pengalaman untuk pengguna ketika mereka merasakan upgrade design layar AMOLED di Redmi Note 10 ini," tutur Alvin.

Selain itu, Alvin mengatakan bahwa, penempatan sensor fingerprint di sisi kanan bertujuan agar pengguna lebih menikmati fitur tersebut serta menambah sisi elegan yang ingin dihadirkan di seri Redmi Note 10.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita mencoba untuk membawa desain yang elegan dari Redmi Note 10 Series dan kita percaya bahwa dengan side fingerprint ini, mereka (pengguna) akan sangat lebih nyaman ketika menggenggam smartphone tersebut," ujar Alvin.

Baca juga: Layar Xiaomi Redmi Note 10 dan 10 Pro, AMOLED atau Super AMOLED?

Hal ini kurang lebih sama seperti yang dilakukan Xiaomi pada Redmi Note 9 Pro tahun lalu. Sensor fingerprint pada Redmi Note 9 Pro diletakkan bersama tombol power (side-mounted) yang letaknya di bawah tombol pengaturan volume up/down.

Akan tetapi, Alvin tak menutup kemungkinan bakal membawa sensor fingerprint dalam layar ke seri Redmi Note berikutnya. Ia juga menegaskan bahwa posisi fingerprint yang ditempatkan di bagian samping bukanlah keputusan yang salah.

"Ke depannya kita mungkin saja memberikan teknologi yang sama yaitu In Display Fingerprint, tapi bukan berarti Side Fingerprint ini adalah sesuatu yang hal yang tidak baik," pungkas Alvin.

Baca juga: Spesifikasi Berikut Harga Xiaomi Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro di Indonesia



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.