Cara "Screenshot" Sebagian Layar dan Jendela Aplikasi di Windows 10

Kompas.com - 04/04/2021, 14:29 WIB
Ilustrasi laptop dengan AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processor Dok. AMD IndonesiaIlustrasi laptop dengan AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processor

KOMPAS.com - Berbagi informasi di laptop menggunakan metode tangkap layar alias screenshot sudah menjadi hal lumrah untuk dilakukan.

Namun, sejumlah pengguna Windows 10 mungkin hanya menggunakan cara umum untuk melakukan screenshot, yakni dengan menekan tombol pintasan "PrtScr" atau menekan tombol kombinasi "Fn + PrtScr" pada keyboard, lalu paste dengan "Ctrl + V".

Cara lain yang biasa digunakan ialah dengan menekan tombol kombinasi "Windows" + "PrtScr". Metode ini akan langsung otomatis menyimpan hasil tangkapan layar di folder "Pictures".

Kedua metode yang sudah disebutkan tadi sama-sama hanya bisa digunakan untuk menjepret seluruh tampilan layar di laptop atau PC desktop berbasis Windows.

Baca juga: Cara Merekam Video Tampilan Layar Laptop Windows 10 dan MacBook

Lantas bagaimana jika pengguna hanya ingin menjepret area tertentu saja pada layar laptopnya?

Misalnya pengguna hanya ingin menjepret paragraf tertentu pada artikel di media online. Atau ingin melakukan screenshot jendela aplikasi yang tengah digunakannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah, selain dua cara di atas, WIndows sebenarnya menyediakan tiga cara alternatif lain untuk melakukan screenshot, khususnya ketika ingin menjepret area tertentu saja.

Berikut tiga cara yang dapat digunakan pengguna Windows, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Toms Guide, Jumat (2/3/2021).

1. Cara screenshot sebagian layar

Untuk menangkap sebagian area layar, pengguna Windows hanya perlu menekan tombol kombinasi "Windows + Shift + S" pada keyboard.

Halaman:


Sumber TomsGuide
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.