Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turnamen Free Fire World Series 2021 Digelar di Singapura, Total Hadiah Rp 28 Miliar

Kompas.com - 20/03/2021, 11:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Garena kembali menggelar kompetisi e-sports berskala global untuk game battle royale populer besutannya, Free Fire.

Dinamai Free Fire World Series (FFWS) 2021 Singapura (SG), turnamen internasional ini diklaim sebagai kompetisi Free Fire pertama dengan total hadiah sebesar 2 juta dollar AS atau sekitar Rp 28,8 miliar.

Dalam kompetisi ini, ada 22 tim dari 14 kawasan akan bertanding. Sesuai namanya, kompetisi ini akan dilaksanakan di Singapura.

Ajang FFWS 2021 SG sendiri bakal dimulai dengan babak Play-ins (penyisihan) pada 22 Mei mendatang, disusul dengan babak Finals pada 29 Mei mendatang.

Baca juga: Free Fire Jadi Game Mobile Terbaik 2020

Babak Play-ins akan mempertemukan 12 tim yang menempati posisi pertama atau kedua di turnamen tingkat regional masing-masing, sebagaimana bisa dilihat di bagan pertandingan FFWS 2021 SG berikut ini. 

Ilustrasi mekanisme pertandingan FFWS 2021 SG babak Play-Ins dan Finals.Garena Ilustrasi mekanisme pertandingan FFWS 2021 SG babak Play-Ins dan Finals.
Perwakilan Indonesia yang masuk babak penyisihan adalah tim yang mendapatkan juara kedua di ajang Grand Final Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2021 Spring. Sementara juara pertama FFIM 2021akan langsung masuk ke babak Finals. 

Sebagai informasi, Grand Final Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2021 Spring akan mulai digelar pada Minggu (21/3/2021) mendatang.

Tahun ketiga FFWS

Nantinya, semua tim di babak Finals akan bertanding dalam enam putaran di tiga peta (Bermuda, Purgatory, dan Kalahari).

Adapun besar poin yang dikumpulkan masing-masing tim bergantung dengan ranking tim dalam sebuah ronde dan tentunya jumlah kills yang berhasil didapatkan.

Sebagai informasi, FFWS 2021 sendiri merupakan tahun ketiga digelarnya ajang turnamen Free Fire kelas dunia ini.

Ajang FFWS pertama sendiri digelar pada dua tahun lalu, di mana Garena menggelar FFWS 2019 secara offline dengan total hadiah 400.000 dolar AS atau sekitar Rp 5,7 miliar.

Pada tahun kedua, gelaran FFWS diganti menjadi FFCS 2020 dengan mekanisme turnamen virtual sebagai dampak dari pandemi Covid-19 di industri espots secara global. Total hadiahnya adalah 300.000 dolar AS atau sekitar Rp 4,3 miliar.

Baca juga: Daftar Game Gratis PS4 dan PSVR Maret dan April

Adapun FFWS 2021 ini nantinya bakal diselenggarakan secara offline di Singapura. Pihak penyelenggara sendiri mengklaim akan terus memprioritaskan kesehatan, keselamatan, serta keamanan para tim yang akan bertanding.

"Kami bekerja sama dengan otoritas terkait untuk memastikan kami tetap dapat mempersembahkan turnamen Free Fire terbaik ini," ujar Global Esports Manager Garena, Justin Lye dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Sabtu (20/3/2021).

"Keselamatan telah dan akan terus menjadi prioritas terbesar kami saat melaksanakan acara tersebut," pungkas Justin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com