Kompas.com - 08/04/2021, 12:25 WIB
Situs Downdetector menunjukkan ada kenaikan laporan gangguan sejumlah layanan Google, seperti YouTube, Gmail, Play Store, dan lainnya. KompasTeknoSitus Downdetector menunjukkan ada kenaikan laporan gangguan sejumlah layanan Google, seperti YouTube, Gmail, Play Store, dan lainnya.

KOMPAS.com - Layanan Google kembali dilaporkan mengalami error, Kamis (8/4/2021) pagi. Keluhan Google down ini masih dilaporkan hingga pukul 12 siang.

Menurut pantauan KompasTekno dari situs Downdetector, layanan yang banyak dikeluhkan mengalami gangguan adalah YouTube, Gmail, Google Search, Google Meet, Google Drive, dan Google Play.

Sejumlah pengguna mengaku tidak bisa mengakses situs Google Search, gagal mengunggah dokumen ke Google Drive, mengecek e-mail di Gmail, dan gagal mengunggah jawaban di situs Google Classroom.

Baca juga: Kabel Internet Bawah Laut Gangguan, Internet Indonesia Sempat Terdampak

Keluhan mulai dilaporkan sekitar pukul 9.30 WIB. Diamati dari peta dari laporan Downdetector, gangguan layanan banyak dialami pengguna di beberapa wilayah Pulau Jawa. Mereka yang terdampak mengeluhkan layanan Google down di Twitter.

Situs Downdetector melaporkan kenaikan jumlah laporan gangguan YouTube dan layanan Google lainnya pada Kamis (8/4/2021) mulai pukul 9.30 WIB.KompasTekno Situs Downdetector melaporkan kenaikan jumlah laporan gangguan YouTube dan layanan Google lainnya pada Kamis (8/4/2021) mulai pukul 9.30 WIB.

Salah satunya dilontarkan akun dengan handle @_doyie yang bertanya "YouTube down kah?".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Keluhan yang sama juga ditullis akun twitter dengan handle @FianHyde.

"Google Down? apa gimana nih, lemot abis akses google, dsb..," tulisnya.

Pantauan KompasTekno, keluhan Google down ini hanya terdampak ke sebagian pengguna saja. Sejumlah pengguna yang kami hubungi mengatakan, layanan Google yang diaksesnya tidak bermasalah.

Baca juga: Aplikasi Android Error dan Crash akibat WebView, Ini Cara Memperbaikinya

Sebagian pengguna ada yang melaporkan masalah Google down ini ke operator layanan internetnya. Salah satunya seorang pengguna Twitter yang melaporkan masalah ini ke Telkom Indihome.

Keluhannya pun sudah ditanggapi oleh admin akun @Indihome yang mengatakan bahwa benar layanan Google sedang bermasalah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.