Google Meet Hadirkan Fitur Penghemat Paket Data dan Antarmuka Baru

Kompas.com - 22/04/2021, 16:02 WIB
Ilustrasi Google Meet techradar.comIlustrasi Google Meet

KOMPAS.com - Google mengumumkan akan menggulirkan sejumlah pembaruan antarmuka layanan video conferencing miliknya, Google Meet versi web.

Pembaruan tersebut meliputi pembaruan tampilan video feed, bilah navigasi, dan cara pengguna ketika mempresentasikan rapat.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Google melalui sebuah posting di laman resminya. Disebutkan bahwa rangkaian fitur baru itu akan disalurkan bertahap mulai bulan depan.

Fitur penghemat data seluler

Salah satu calon fitur baru yang paling menarik dari meet adalah data saver untuk menghemat pemakaian paket data seluler selagi pengguna melakukan video conferencing di perjalanan.

Untuk mendukung video call saat pengguna dalam perjalanan, Google secara resmi meluncurkan fitur data saver (penghemat data) pada bulan ini.

Baca juga: Google Meet Versi Gratis Diperpanjang sampai Juni 2021

Dave Citron, Director of Product Management Google Meet, mengatakan bahwa fitur data saver dapat membatasi penggunaan data di jaringan seluler sehingga menghemat biaya pembelian paket data.

"Fitur ini sangat penting untuk pasar seperti Brasil, Meksiko, dan Indonesia, yang biaya paket datanya bisa mahal," ujar Citron.

KompasTekno belum menemukan opsi data saver di Meet, tapi Google menjanjikan fitur pengehemat paket seluler tersebut akan resmi hadir pada bulan April 2021.

Antarmuka baru

Google turut merombak tampilan antarmuka Meet, termasuk fitur pin dan unpin video feed ketika sedang rapat. Nantinya, saat pengguna melepas pin (unpin) video feed akan secara otomatis berubah menjadi ukuran yang sama dengan grid peserta rapat.

Google mengatakan, opsi untuk melakukan pin pada beberapa video feed sekaligus bakal dihadirkan dalam beberapa bulan ke depan.

Perbandingan antarmuka Google Meet sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) pembaruan. Pada pembaruan, bilah navigasi seluruhnya diintegrasikan di bilah bawah.KOMPAS.com/Galuh Putri Riyanto Perbandingan antarmuka Google Meet sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) pembaruan. Pada pembaruan, bilah navigasi seluruhnya diintegrasikan di bilah bawah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X