Google Meet Versi Gratis Diperpanjang sampai Juni 2021

Kompas.com - 01/04/2021, 07:30 WIB
Ilustrasi Google Meet techradar.comIlustrasi Google Meet

KOMPAS.com - Setelah sempat akan dibatasi mulai 1 April 2021, Google Meet kembali digratiskan sepenuhnya.

Google mengumumkan memperpanjang benefit layanan telekonferensi video grup secara cuma-cuma dengan waktu unlimited, tanpa batasan 60 menit per sesi,selama 24 jam bagi pengguna gratisan Google Meet hingga Juni 2021 mendatang.

Kabar ini disampaikan langsung melalui sebuah kicauan di akun Twitter dengan handle @GoogleWorkspace.

"Kami melanjutkan panggilan #GoogleMeet tanpa batas (hingga 24 jam) dalam versi gratis hingga Juni 2021 untuk akun Gmail," twit Google.

Sebelumnya, pengguna gratisan hanya dapat menikmati layanan video conferencing grup dengan waktu unlimited sampai 31 Maret 2021. Setelah itu, Google Meet akan membatasi durasi telekonferensi video grup bagi pengguna yang tak berlangganan di setiap sesinya.

Baca juga: Google Meet Bisa Ganti Background Video Call, Begini Caranya

Wacana Google membatasi durasi sesi bagi pengguna gratisan ini sebenarnya sudah mengemukan sejak April 2020 lalu. Ketika itu Google mengumumkan akan menghentikan penawaran telekonferensi video grup tanpa batas waktu bagi pengguna gratisan pada September 2020. 

Akan tetapi Google mengurungkan niatnya dan memperpanjang penawaran ini hingga 31 Maret 2021.

Nyatanya, saat memasuki tenggat waktu pembatasan durasi pada 31 Maret, Google kembali berubah pikiran. Ini menandai sudah kedua kalinya Google memperpanjang layanan telekonferensi video grup hingga 24 jam bagi pengguna gratisan di platformnya.

Baca juga: Cara Membuat Latar Belakang Jadi Buram di Google Meet Versi PC

Apa yang terjadi bila durasi dibatasi?

Skenario awalnya, jika pembatasan durasi jadi diberlakukan, pengguna yang tidak berlangganan hanya bisa melakukan telekonferensi video grup di Google Meet dengan durasi maksimal satu jam (60 menit) per sesi, dengan peserta maksimum hingga 100 orang.

Kendati durasinya dibatasi 60 menit, Google masih tidak memberikan batasan pada jumlah sesi video conferencing yang dapat dilakukan pengguna gratisan dalam sehari, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Pricing Meet, Kamis (1/4/2021).

Dengan kata lain, walaupun durasinya dibatasi per sesi, pengguna gratisan masih bisa melakukan telekonferensi video lagi jika durasinya habis, maksimal sebanyak 24 kali dalam satu hari.

Selain itu perlu dicatat bahwa pembatasan durasi ini hanya berlaku pada telekonferensi video pada grup saja.

Untuk video teleconferencing one-on-one atau dengan peserta maksimum dua orang, pengguna gratisan masih dapat menikmati layanan panggilan video unlimited hingga 24 jam.

Baca juga: Pengguna Google Meet Kini Bisa Tes Suara dan Video Sebelum Masuk ke Rapat



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X