Notifikasi Perubahan Kebijakan Privasi WhatsApp Muncul Lagi, Terima atau Tolak?

Kompas.com - 30/04/2021, 11:57 WIB
ilustrasi WhatsApp user slashgear.comilustrasi WhatsApp user
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - WhatsApp kembali memunculkan jendela pemberitahuan tentang perubahan kebijakan privasi terbaru bagi pengguna yang belum menyetujui aturan tersebut,

Beberapa orang yang dihubungi KompasTekno mengaku belakangan ini sempat kembali disodori dengan pemberitahuan tersebut, salah satunya adalah Yusuf.

"Kemarin malam saat membuka WhatsApp, notifikasi itu mendadak muncul lagi. Padahal sebelumnya sudah lama tidak ada," tutur Yusuf kepada KompasTekno.

Seperti sebelumnya, notifikasi yang memenuhi layar itu memuat penjelasan soal perubahan kebijakan WhatsApp terkait data pengguna yang diteruskan ke Facebook.

Banner notifikasi perubahan kebijakan WhatsApp yang muncul ketika aplikasi tersebut dibuka pada akhir April 2021. Ukurannya menutupi keseluruhan layar dan berjumlah dua halamanKOMPAS.com/ BILL CLINTEN Banner notifikasi perubahan kebijakan WhatsApp yang muncul ketika aplikasi tersebut dibuka pada akhir April 2021. Ukurannya menutupi keseluruhan layar dan berjumlah dua halaman
Yusuf menjelaskan hanya ada dua tombol di dalam notifikasi yang berukuran satu layar penuh dan terdiri dari dua halaman ini, yaitu tombol "X" untuk menutup notifikasi, serta "Accept" untuk menyetujui pembaruan privasi tersebut.

Baca juga: Jangan Kaget kalau Muncul Spanduk Pengumuman di WhatsApp, Ini Isinya

Dia memilih untuk tidak menekan salah satu tombol tersebut, melainkan "back" di rangkaian tombol navigasi ponsel. Setelah menekan "back", notifikasi hilang dan WhatsApp kembali menampilkan koolom-kolom chat seperti biasa

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengguna lainnya bernama Dadan turut menerima spanduk tentang perubahan privasi anyar ini. Sebelumnya dia sempat mendapatkan pemberitahuan serupa pada Maret lalu, tapi dalam bentuk in-app banner.

Berbeda dengan Yusuf, Dadan kini justru memilih untuk menekan tombol Accept (terima) untuk melanjutkan penggunaan WhatsApp.

"Saya telanjur menekan tombol setuju (Terima/ Accept), tapi tidak apa-apa supaya saya bisa kembali menggunakan WhatsApp," kata Dadan kepada KompasTekno.

Dengan kata lain, Dadan kemungkinan tidak akan mendapatkan notifikasi terkait persetujuan pembaruan privasi WhatsApp ini.

Baca juga: WhatsApp Jelaskan Kembali Kebijakan Berbagi Data dengan Facebook

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.