Facebook Gangguan 30 April Malam, Pengguna Tak Bisa Login

Kompas.com - 30/04/2021, 20:48 WIB
Facebook mengumumkan akan membatasi sementara posting politik di sejumlah kecil News Feed, khusus di empat negara. AP PHOTO/JENNY KANEFacebook mengumumkan akan membatasi sementara posting politik di sejumlah kecil News Feed, khusus di empat negara.

KOMPAS.com - Jejaring media sosial Facebook gangguan pada hari ini, Jumat (30/4/2021) malam. Sejumlah pengguna asal Indonesia melaporkan Facebook gangguan dan mengaku kesulitan saat hendak mencoba masuk (login) ke akun Facebook mereka.

Hal serupa juga terjadi ketika KompasTekno mencoba untuk masuk ke dalam akun Facebook. Menurut keterangan yang muncul saat login, Facebook dikatakan tengah melakukan pemeliharaan sistem.

Secara spesifik, Facebook tengah melakukan peningkatan pada bagian basis data (database) tempat menampung akun pengguna.

Baca juga: Kominfo Buka Suara Soal Aksi Mention Massal Link Porno di Facebook

Akibat aktivitas ini, para pengguna tidak dapat mengakses akun Facebook mereka untuk sementara waktu.

Layanan Facebook down Jumat (30/4/2021) malam.Facebook Layanan Facebook down Jumat (30/4/2021) malam.
"Facebook tidak dapat diakses karena sedang dilakukan pemeliharaan wajib, namun Anda akan dapat menggunakannya beberapa saat lagi," tulis Facebook.

Situs Downdetector juga memperlihatkan grafik laporan gangguan Facebook mulai meningkat malam ini mulai pukul 17.00 WIB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Laman downdetector menampilkan laporan gangguan Facebook meningkat pada Jumat (30/4/2021) malam pukul 20.00 WIB.Downdetector.id Laman downdetector menampilkan laporan gangguan Facebook meningkat pada Jumat (30/4/2021) malam pukul 20.00 WIB.

 

Menurut halaman bantuan Facebook, biasanya ini berarti Facebook sedang melakukan peningkatan pada database tempat akun pengguna disimpan.

"Meskipun proses ini tidak memengaruhi akun Anda, untuk sementara Anda tidak akan bisa mengakses situs ini," tulis Facebook.

Facebook mengingatkan bahwa pemeliharaan situs tidak dilakukan pada semua database secara bersamaan.

"Mungkin saja teman Anda tetap bisa mengakses situs Facebook sementara akun Anda masih belum tersedia," tulis Facebook.

Selain terjadi di Indonesia, gangguan ini rupanya turut dirasakan oleh pengguna asal AS, Inggris, Kanada, dan Australia, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Sun, Jumat (30/4/2021).



Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X