Cara Mudah Menggunakan Twitter Spaces, Menjadi Host dan Gabung Forum

Kompas.com - 06/05/2021, 19:04 WIB
Twitter Spaces businessinsider.comTwitter Spaces

KOMPAS.com - Baru-baru ini, Twitter resmi merilis Twitter Sapces ke lebih banyak pengguna. Fitur ini disebut sangat mirip dengan Clubhouse, di mana pengguna bisa membuat forum virtual berbasis audio.

Bedanya, pengguna Twitter bisa bergabung dengan Twitter Spaces tanpa harus memiliki tautan undangan seperti Clubhouse. Tidak seperti Clubhouse yang samapi saat ini masih eksklusif di iOS, Twitter Spaces juga bisa digunakan di platform Android dan iOS.

Seperti Clubhouse, Twitter Spaces juga diisi oleh host atau penyelenggara acara, speaker atau pembicara, dan juga peserta.

Cara menjadi host Twitter Spaces

Tidak semua orang bisa menjadi host. Twitter mensyaratkan batasan minimal 600 followers (pengikut) agar pengguna bisa menjadi host.

Alasanya, menurut Twitter pengguna dengan jumlah followers sebesar itu bisa memberikan pengalaman diskusi virtual yang lebih baik.

Host, sebagai penyelenggara forum Twitter Spaces memiliki kontrol lebih banyak. Ia bisa mematikan mikrofon (mute) semua speaker, menghapus akses mikrofon mereka, dan menghapus speaker dari forum secara bersamaan.

Baca juga: Twitter Spaces Dirilis, Ada Syarat Jumlah Follower untuk Jadi Host

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Host di sini berlaku seperti seorang moderator dalam acara. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat forum di Twitter Spaces sebagai host.

  • Buka aplikasi Twitter di Andorid atau iOS.
  • Pastikan Anda sudah memiliki minimal 600 followers
  • Klik dan tahan ikon tulis twit yang ada di sisi bawah layar. Ikon tersebut digambarkan dengan pena bulu.
  • Kemudian klik ikon Twitter Spaces bewarna ungu. Ikon digambarkan dengan beberapa bulatan yang tampak membentuk berlian.
  • Lalu, tulis nama Space.
  • Ketuk "Start your Space"
  • Undang pengguna lain untuk bergabung menjadi pendengar dengan membagikan tautan.
  • Pilih beberapa pendengar untuk dijadikan speaker, dengan cara mengetuk foto profil mereka lalu menambahkannya sebagai speaker.
  • Host dan speaker bisa menambahkan caption dengan mengikuti petunjuk di aplikasi yang muncul saat pertama kali membuat Space.

Cara bergabung ke forum Space

Undangan untuk bergabung di Twitter Spaces bisa disebar oleh host melalui twit atau Direct Message (DM). Pendengar bisa bergabung dengan mengklik tautan undangan tersebut.

Selain melalui tautan undangan, pendengar bisa menemukan forum Twitter Spaces di Fleets.
Biasanya, Twitter Spaces disimbolkan dengan warna ungu dengan dua foto profil yang berdampingan.

Pengguna dapat menemukan sebuah forum Spaces di Fleets jika memfollow salah satu penyelenggara atau pembicara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X