iPhone Bukan Ponsel Pertama Tanpa Colokan Earphone

Kompas.com - 06/05/2021, 03:14 WIB
Oppo Finder, smartphone tertipis tahun 2012 yang menjadi pendahulu Oppo R5 OppoOppo Finder, smartphone tertipis tahun 2012 yang menjadi pendahulu Oppo R5

KOMPAS.com - Apple dikenal sebagai vendor ponsel pertama yang mulai meninggalkan colokan earphone (jack audio 3,5 mm) pada ponselnya, dimulai dengan iPhone 7 pada tahun 2016 silam.

Sebagai gantinya, penggunaan earphone (EarPods) kini tertancap langsung ke konektor Lightning, yang juga digunakan untuk mengisi baterai dan mentransfer data.

Gebrakan yang dipopulerkan oleh Apple ini kemudian mulai diikuti oleh vendor lainnya, khususnya pada ponsel-ponsel flagship besutan mereka.

Baca juga: iPhone X Mulanya Dirancang Tanpa Colokan Charger

Meski telah dipopulerkan oleh Apple, namun perusahaan asal Cupertino, AS, ini bukanlah vendor ponsel pertama yang mencetuskan konsep menghilangkan colokan earphone 3,55 mm.

Adapun vendor ponsel yang dimaksud adalah Oppo. Secara kronologis, perusahaan ponsel China itu menjadi yang pertama meninggalkanjack audio 3,5 mm, tepatnya di ponsel Oppo Finder.

Dengan menghilangkan jack audio 3,5 mm, Oppo mulanya berniat untuk memamerkan salah satu kelebihan dari Oppo Finder, yakni desain bodinya yang tipis.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengusung ketebalan bodi yang mencapai 6,65 mm, Oppo Finder dikenal sebagai salah satu smartphone tertipis pada tahun 2012. Sejarah kembali terulang dua tahun kemudian.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Smartphone Tertipis Oppo R5

Tren ini kemudian kembali diadopsi Oppo pada salah satu smartphone lainnya, yakni Oppo R5 yang diluncurkan pada tahun 2014 lalu.

Oppo R5 meluncur dengan bodi yang lebih tipis dengan ketebalan mencapai 4,85 mm, hampir tidak lebih tebal dari port micro-USB yang terdapat pada ponsel itu sendiri.

Karena tidak lagi dilengkapi dengan jack audio 3,5 mm, Oppo memberikan alternatif penggunaan earphone dengan menyediakan satu buah adaptor tambahan.

Dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Kamis (6/5/2021), adaptor ini nantinya berfungsi untuk menyambungkan earphone dengan konektor Lighting pada ponsel.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X