Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Bukan Ponsel Pertama Tanpa Colokan Earphone

Kompas.com - 06/05/2021, 03:14 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple dikenal sebagai vendor ponsel pertama yang mulai meninggalkan colokan earphone (jack audio 3,5 mm) pada ponselnya, dimulai dengan iPhone 7 pada tahun 2016 silam.

Sebagai gantinya, penggunaan earphone (EarPods) kini tertancap langsung ke konektor Lightning, yang juga digunakan untuk mengisi baterai dan mentransfer data.

Gebrakan yang dipopulerkan oleh Apple ini kemudian mulai diikuti oleh vendor lainnya, khususnya pada ponsel-ponsel flagship besutan mereka.

Baca juga: iPhone X Mulanya Dirancang Tanpa Colokan Charger

Meski telah dipopulerkan oleh Apple, namun perusahaan asal Cupertino, AS, ini bukanlah vendor ponsel pertama yang mencetuskan konsep menghilangkan colokan earphone 3,55 mm.

Adapun vendor ponsel yang dimaksud adalah Oppo. Secara kronologis, perusahaan ponsel China itu menjadi yang pertama meninggalkanjack audio 3,5 mm, tepatnya di ponsel Oppo Finder.

Dengan menghilangkan jack audio 3,5 mm, Oppo mulanya berniat untuk memamerkan salah satu kelebihan dari Oppo Finder, yakni desain bodinya yang tipis.

Mengusung ketebalan bodi yang mencapai 6,65 mm, Oppo Finder dikenal sebagai salah satu smartphone tertipis pada tahun 2012. Sejarah kembali terulang dua tahun kemudian.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Smartphone Tertipis Oppo R5

Tren ini kemudian kembali diadopsi Oppo pada salah satu smartphone lainnya, yakni Oppo R5 yang diluncurkan pada tahun 2014 lalu.

Oppo R5 meluncur dengan bodi yang lebih tipis dengan ketebalan mencapai 4,85 mm, hampir tidak lebih tebal dari port micro-USB yang terdapat pada ponsel itu sendiri.

Karena tidak lagi dilengkapi dengan jack audio 3,5 mm, Oppo memberikan alternatif penggunaan earphone dengan menyediakan satu buah adaptor tambahan.

Dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Kamis (6/5/2021), adaptor ini nantinya berfungsi untuk menyambungkan earphone dengan konektor Lighting pada ponsel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com