Diblokir di Media Sosial, Donald Trump Bikin Blog Pribadi

Kompas.com - 05/05/2021, 15:41 WIB
Dalam foto file Kamis 18 Juni 2020 ini, Presiden Donald Trump melihat ponselnya selama pertemuan meja bundar dengan para gubernur tentang pembukaan kembali bisnis kecil Amerika, di Ruang Makan Negara Gedung Putih di Washington. AP/Alex BrandonDalam foto file Kamis 18 Juni 2020 ini, Presiden Donald Trump melihat ponselnya selama pertemuan meja bundar dengan para gubernur tentang pembukaan kembali bisnis kecil Amerika, di Ruang Makan Negara Gedung Putih di Washington.

KOMPAS.com - Gara-gara pidatonya yang diduga memicu kericuhan di depan gedung Capitoll Hill pada awal tahun ini, Donald Trump diblokir di media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, Snapchat, hingga Youtube kompak melarang Trump bercuap-cuap di sana.

Seakan tidak mau bergantung dengan perusahaan media sosial besar, Presiden ke-45 AS itu membuat website yang diberi nama "From Desk of Donald J.Trump".

Situs itu kini sudah diluncurkan dan bisa diakses publik. Tampilan antarmuka situs tersebut lebih menyerupai blog pribadi dengan desain serupa Tumblr, namun, layout-nyalebih sederhana dan minimalis.

Seperti layaknya media sosial, pendukung Trump bisa menyukai (like) setiap unggahan, membagikannya di Twitter atau Facebook, atau memberikan donasi.

Selain itu, pengguna juga bisa berbelanja merchandise pendukung Trump yang identik dengan slogan "Make America Great Again" atau "Save America".

Baca juga: YouTube Bersedia Buka Blokir Akun Donald Trump, Tapi Ada Syaratnya

Tangkapan layar situs web baru mantan presiden AS, Donald Trump yang juga memiliki fitur e-commerce untuk berbelanja merchandise.Ist Tangkapan layar situs web baru mantan presiden AS, Donald Trump yang juga memiliki fitur e-commerce untuk berbelanja merchandise.
Pengumuman peluncuran situs web ini berdekatan dengan pengumuman Dewan Pengawas Facebook yang akan memutuskan apakah akun Facebook dan Instagram Donald Trump bisa kembali digunakan atau akan diblokir secara permanen.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apabila diperkenankan kembali, tim media sosial Trump memiliki waktu tujuh hari untuk mengaktifkan lagi akun yang sempat diblokir.

Sementara itu, YouTube yang juga memblokir kanal Donald Trump, memutuskan untuk mengaktifkan lagi akun Trump apabila kekerasan di dunia nyata benar-benar berkurang.

Sedangkan Twitter memutuskan untuk memblokir akun Donald Trump secara permanen.

Baca juga: Deretan Media Sosial dan Layanan Online yang Memblokir Donald Trump

Sebelumnya, penasihat senior Donald Trump, Jason Miller sesumbar bahwa Trump akan meluncurkan media sosial baru.

Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X