Cara Membuat Kartu Lebaran dengan Aplikasi Canva, Bisa Dikirim ke WhatsApp

Kompas.com - 11/05/2021, 10:32 WIB
Ilustrasi aplikasi Canva. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi aplikasi Canva.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Momen lebaran atau Idul Fitri dimanfaatkan umat muslim untuk bersilaturahmi satu sama lain.

Kegiatan silaturahmi sendiri biasanya dilakukan dengan mengunjungi rumah kerabat atau sanak saudara dan menjabat tangan mereka.

Namun, pandemi tampaknya membuat tradisi tersebut tak dianjurkan untuk dilakukan. Nah, sebagai alternatif, Anda bisa mengirimkan kartu ucapan lebaran digital yang bisa dibuat langsung dari smartphone Anda, baik itu iOS maupun Android.

Salah satu aplikasi yang bisa dibilang paling populer adalah Canva. Selain gratis, aplikasi ini menawarkan banyak template kartu ucapan lebaran yang ciamik.

Baca juga: Rekomendasi Smartphone Samsung Terbaru untuk Lebaran 2021

Pengguna juga bisa mempercantik kartu ucapan lebaran tersebut dengan berbagai elemen, seperti teks, stiker, foto, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimana cara membuat kartu ucapan lebaran dengan Canva? Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara memakai template kartu ucapan lebaran di aplikasi Canva.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara memakai template kartu ucapan lebaran di aplikasi Canva.
Pertama, download aplikasi Canva di toko aplikasi Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS). Setelah selesai diunduh, buka aplikasi tersebut dan masuk menggunakan akun Google atau Facebook.

Setelah masuk, akan muncul tampilan utama aplikasi Canva. Ketik kata kunci "Eid Al-Fitr" pada kolom pencarian yang terletak di bagian paling atas.

Kemudian, pilih "Eid Al-Fitr Card" yang tampil di hasil pencarian. Lalu, pilih template kartu ucapan lebaran yang sudah disediakan aplikasi tersebut di tampilan selanjutnya.

Cara mengedit teks di gambar Canva dan menambahkan elemen lainnya seperti Sticker.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengedit teks di gambar Canva dan menambahkan elemen lainnya seperti Sticker.
Usai memilih, Anda dapat mengedit template kartu ucapan lebaran tersebut. Cukup klik teks atau gambar yang ingin Anda ubah dan ganti dengan teks atau gambar sesuai dengan keinginan Anda.

Baca juga: Mudik Dilarang, Menkominfo Ajak Masyarakat Ber-Lebaran Digital

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.