Clubhouse Akhirnya Hadir di Android, Pengguna di Indonesia Bisa Mendaftar

Kompas.com - 10/05/2021, 08:38 WIB
ilustrasi aplikasi media sosial Clubhouse Global Timesilustrasi aplikasi media sosial Clubhouse

KOMPAS.com - Setelah hadir secara eksklusif di perangkat iOS, aplikasi media sosial berbasis audio, Clubhouse akhirnya tersedia di perangkat dengan sistem operasi (OS) Android. Pengguna di Indonesia juga sudah bisa mendaftar.

Hal ini berdasarkan pengumuman resmi di blog Clubhouse yang berjudul "Welcome Android User".

Meski demikian, aplikasi yang terbilang sukses menarik minat pengguna di masa pandemi itu kini masih dalam versi beta dan hanya pengguna di kawasan tertentu saja yang bisa menjajalnya.

"Hari ini kami senang mengumumkan bahwa aplikasi Clubhouse untuk Android versi beta sudah tersedia," ujar Clubhouse dalam sebuah pengumuman awal minggu ini.

Baca juga: Tanda Popularitas Clubhouse Mulai Menurun

"Kami akan menggelontorkan aplikasi tersebut secara bertahap, mulai dari kawasan AS, diikuti dengan negara-negara berbahasa Inggris lain, serta sejumlah negara lainya di seluruh dunia," imbuh Clubhouse.

Ilustrasi sambutan yang dibuat Clubhouse untuk memeriahkan kehadiran aplikasi tersebut di Android.TheVerge Ilustrasi sambutan yang dibuat Clubhouse untuk memeriahkan kehadiran aplikasi tersebut di Android.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak disebutkan secara spesifik, kapan aplikasi Clubhouse untuk Android akan tersedia di negara di luar AS.

Yang jelas, Clubhouse mengatakan pihaknya bakal mengumpulkan saran dan umpan balik dari pengguna asal AS, yang mendapatkan kesempatan menjajal di tahap awal ini selama beberapa minggu ke depan.

Hal ini tentunya bertujuan untuk membuat aplikasi tersebut lebih sempurna dan bebas dari masalah atau bug, ketika berjalan di ekosistem Android.

Karena masih dalam versi beta, beberapa fitur belum bisa dinikmati oleh pengguna Android, seperti mengikuti berbagai konten berdasarkan topik (Topic following), pembuatan Club (Club creation), penggantian nama di dalam aplikasi, pembayaran (Payments), dan lain sebagainya.

Daftar fitur yang belum bisa dicoba di versi Android bisa disimak di laman yang memampang daftar pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ) di tautan berikut

Baca juga: Hati-hati, Aplikasi Clubhouse Palsu di Android Bisa Curi Data Pengguna

Halaman:


Sumber Clubhouse
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.