Mudik Dilarang, Menkominfo Ajak Masyarakat Ber-Lebaran Digital

Kompas.com - 06/05/2021, 09:12 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) Jaga Keluarga, Tidak Mudik, yang digelar secara virtual dari Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (05/05/2021) Kementerian KominfoMenkominfo Johnny G. Plate dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) Jaga Keluarga, Tidak Mudik, yang digelar secara virtual dari Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (05/05/2021)
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pemerintah resmi melarang warga Indonesia melakukan mudik dalam rangka Lebaran 2021. Sebagai gantinya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak masyarakat untuk melaksanakan silaturahmi secara virtual.

Dengan kata lain, masyarakat diimbau untuk tidak saling mengunjungi dan bepergian ke mana pun saat merayakan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah ini.

Menteri Kominfo, Johnny Plate mengatakan bahwa langkah ini diambil ini guna menekan angka penyebaran virus Covid-19 agar tidak semakin meluas. Menurut Johnny, silaturahmi bersama keluarga maupun kerabat bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan platform digital.

Baca juga: Kominfo Didesak Cabut Peraturan yang Bisa Blokir Penyelenggara Sistem Elektronik

"Kita canangkan bersama-sama melakukan Lebaran tahun ini sebagai Lebaran digital. Lebaran digital itu keren," tutur Johnny dalam keterangan tertulis dari Kementerian Komnfo yang diterima KompasTekno, Kamis (6/5/2021).

Johnny mengatakan bahwa silaturahmi secara virtual melalui aplikasi tidak akan mengurangi makna silaturahmi itu sendiri. Masyarakat justru bisa terhubung satu sama lain, khususnya bagi mereka yang tinggal di lokasi berbeda seperti luar kota atau kampung halaman.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Merayakan acara hari besar hari Lebaran nanti secara virtual tetap meriah. Dalam keluarga sendiri dengan berkomunikasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada," imbuh Johnny.

Baca juga: Menkominfo Imbau Sertifikat Vaksin Tidak Dipamerkan di Medsos

Kominfo juga menyiapkan infrastruktur bandwidth jaringan internet yang mencukupi untuk menunjang perayaan Hari Raya Idul Fitri di tahun ini yang digelar secara virtual.

Lebih lanjut, Johnny mengatakan bahwa Kominfo turut menggandeng sejumlah operator seluler untuk terus melakukan pengawasan jaringan (monitoring) dan memastikan pelanggan tetap terhubung dengan nyaman, terlebih di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

"Kami juga menjaga agar komunikasi, ekspresi rasa dan sukacita dapat dilakukan di dalam ruang digital yang lebih baik di tahun ini," pungkas Johnny.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X