Telkomsel Kembali Kucurkan Dana ke Gojek Rp 4,3 Triliun

Kompas.com - 10/05/2021, 09:01 WIB
Ilustrasi GoJek. Dok TelkomselIlustrasi GoJek.

KOMPAS.com - Telkomsel kembali menyuntikkan dana kepada raksasa ride-hailing, Gojek. Jumlah investasi yang digelontorkan Telkomsel ke Gojek kali ini senilai 300 juta dolar AS (sekitar Rp 4,3 triliun).

Sebelumnya, pada November 2020 lalu, Telkomsel juga telah menggelontorkan dana 150 juta dolar AS (sekitar Rp 2,1 triliun) ke Gojek. Dengan demikian, total dana yang diinvestasikan Telkomsel ke Gojek kini mencapai 6,4 triliun.

Investasi kedua Telkomsel ke Gojek ini menurut Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro,  terwujud karena kesamaan visi dan misi Telkomsel dan Gojek, di mana kedua perusahaan tersebut hadir untuk mempermudah kehidupan masyarakat melalui teknologi.

Baca juga: Telkomsel dan Gojek Integrasikan Layanan Iklan Digital

"Telkomsel menatap optimis upaya penanaman modal terbaru ini akan membuka lebih banyak peluang bagi masyarakat untuk melihat dan menikmati lebih banyak inovasi berbasis teknologi terdepan karya anak bangsa,” tutur Setyanto dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (10/5/2021).

Hal serupa disampaikan oleh Co-CEO Gojek Group, Andre Soelistyo. Menurut Andre, kucuran dana ini bakal mempercepat transformai digital dan akan memperkuat posisi Indonesia sebagai pemimpin pasar ekonomi digital di Asia Tenggara.

"Pendanaan lanjutan Telkomsel jelas akan mengoptimalkan sumber daya dan keahlian teknologi dari masing-masing perusahaan, untuk berinovasi dan memperluas manfaat ekonomi digital bagi lebih banyak konsumen, mitra driver, dan pelaku UMKM di seluruh Indonesia," kata Andre dalam keterangan yang sama.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setyanto menambahkan, investasi teranyar ini merupakan bagian dari strategi Telkomsel dalam memperkuat trifecta bisnis digital perusahaan, yaitu Digital Connectivity, Digital Platform, dan Digital Services.

Investasi ini didukung oleh dua pemegang saham Telkomsel, yaitu Telkom Indonesia dan Singtel Group. Melalui investasi ini pula, Telkomsel dan Gojek akan berkolaborasi untuk mempercepat adopsi gaya hidup digital di tengah masyarakat.

Baca juga: Telkomsel Beri Paket Internet Murah untuk Driver Gojek, Begini Cara Daftarnya

Selain itu, kedua pihak juga akan bekerja sama untuk mendorong lebih banyak pelaku bisnis dalam memanfaatkan platform daring, serta mengembangkan kualitas dan daya saing teknologi dan talenta digital Tanah Air.

Kolaborasi Telkomsel dan Gojek

Sebelumnya, investasi pertama Telkomsel ke Gojek pada November 2020 lalu telah menghadirkan penguatan ekosistem digital di sektor UMKM, serta meningkatkan kemudahan bagi mitra pengemudi.

Beberapa di antaranya meliputi integrasi layanan Telkomsel MyAds dengan GoBiz, kemudahan bagi UMKM Gojek menjadi mitra reseller Telkomsel melalui aplikasi DigiPOS Aja!, serta peluncuran paket data khusus bagi mitra pengemudi Gojek.

Ada pula kehadiran lebih dari 20.000 mitra reseller Telkomsel di layanan GoShop yang bertujuan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, serta kemudahan membeli berbagai barang di game PUBG Mobile melalui Telkomsel Dunia Games dan GoPay.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X