Xiaomi Patenkan Kamera Bawah Layar yang Bisa Berputar

Kompas.com - 13/05/2021, 12:02 WIB
Logo Xiaomi terpajang di kantor pusat Xiaomi Indonesia yang terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta. YUDHA PRATOMO/KOMPAS.comLogo Xiaomi terpajang di kantor pusat Xiaomi Indonesia yang terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Para pabrikan smartphone terus bereksperimen dengan desain ponsel maupun teknologi kamera, termasuk juga Xiaomi.

Vendor asal China tersebut belakangan diketahui mematenkan rancangan perangkat yang mengusung teknologi kamera bawah layar (sub-screen camera) yang dapat diputar. 

Seperti diketahui, teknologi kamera bawah layar sendiri saat ini belum menjadi teknologi yang banyak diadopsi oleh vendor smartphone.

Dengan teknologi ini, area layar ponsel dapat dimaksimalkan tanpa harus memiliki notch atau punch-hole. Teknologi ini lebih kurang mirip dengan sensor pemindai sidik jari dalam layar, yang sudah mulai diaplikasikan ponsel flagship saat ini.

Baca juga: Empat Smartphone Xiaomi Turun Harga, Ini Daftarnya

Keberadaan konsep perangkat itu diungkap oleh situs teknologi Belanda, Lets Go Digital.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Situs tersebut mengatakan bahwa Xiaomi mengajukan patennya kepada Organiasasi Hak Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) China pada Februari 2020 lalu. Paten tersebut kemudian dirilis oleh WIPO pada 29 April 2021.

Ilustrasi di dalam dokumen paten itu menggambarkan sebuah ponsel yang memiliki tiga lensa kamera yang ditempatkan di sisi kiri layar.

Kamera yang diletakkan di bawah layar tersebut memiliki mekanisme yang dapat berputar (Flip) untuk memfungsikan lensa sebagai kamera depan dan kamera belakang.

Ketika pengguna mengaktifkan mode kamera depan, salah satu modul kamera akan diputar atau "dikirim" ke bagian layar depan untuk mengambil foto selfie.

Xiaomi ajukan paten perangkat yang mengadopsi teknologi underscreen camera yang bisa diputarLetsGoDigital Xiaomi ajukan paten perangkat yang mengadopsi teknologi underscreen camera yang bisa diputar

Nantinya, modul kamera berwarna oranye yang digambarkan oleh paten tersebut akan bergeser dan beralih fungsi sebagai kamera depan. Sementara, dua modul kamera lainnya akan berperan sebagai kamera utama.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X