Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Baru Bagikan Musik dan Podcast Spotify

Kompas.com - 11/05/2021, 16:02 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Spotify menghadirkan tiga fitur baru untuk penggunanya, dalam membagikan musik dan podcast kesukaan mereka.

Ketiga fitur ini tersedia untuk pengguna Spotify Premium maupun gratis, dan dapat diakses melalui aplikasi Spotify di smartphone Android dan iOS.

"Ketiga pembaruan ini memudahkan pengguna untuk membagikan musik dan podcast menjadi lebih mudah dari sebelumnya seperti untuk teman, keluarga, dan pengikut mereka," kata Spotify.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi Spotify yang Wajib Diketahui

Lalu, apa saja ketiga pembaruan fitur tersebut?

1. Membagikan episode podcast ke pengguna lain

Spotify kini memiliki fitur bernama Podcast Timestamp. Lewat fitur ini, pengguna bisa memperlihatkan bagian menarik dari episode podcast yang sedang mereka dengarkan untuk kemudian dibagikan melalui sebuah link.

Cara membagikannya pun sederhana, Anda cukup meng-klik ikon "Share" di halaman pemutaran podcast, lalu pilih "Switch To Share". Namun sebelumnya, pastikan Anda sudah memilih bagian mana yang ingin Anda bagikan.

Fitur ini juga memudahkan pengguna apabila mereka ingin menunjukan cuplikan pembicaraan yang sekiranya menarik atau penting untuk di dengarkan oleh teman, sehingga tidak perlu memutarnya dari awal hingga akhir.

2. Membagikan musik favorit dengan Spotify Canvas ke Snapchat

Kini pengguna Spotify dapat membagikan musik kesukaan mereka melalui unggahan di Snapchat.

Sama seperti Instagram Stories, unggahan tersebut juga akan menampilkan Canvas di latar belakang ketika pengguna menampilkan lagu favorit mereka yang dimainkan lewat Spotify secara langsung.

Baca juga: Spotify Bikin Kumpulan Playlist dan Podcast Khusus Ramadhan

Spotify Canvas merupakan loop-video spesial berdurasi delapan detik yang muncul sebagai konten khusus di setiap lagu.

Fitur ini sejatinya berguna untuk mengubah halaman pemutaran lagu yang sebelumnya statis menjadi seperti potongan video klip dari lagu tersebut.

3. Preview Canvas lagu sebelum dibagikan

Berbicara soal Canvas, selama ini pengguna bisa secara langsung membagikan lagu dari Spotify ke platform lain.

Kini, Spotify menghadirkan fitur di mana penggunanya bisa melihat (preview) tampilan Canvas lagu terlebih dahulu sebelum membagikannya ke Instagram Stories atau Snapchat.

"Kami (Spotify) terus mengembangkan pengalaman Spotify untuk memenuhi kebutuhan pendengar dan berupaya memberikan pengalaman audio terbaik bagi pendengar kami di seluruh dunia," kata Spotify sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Selasa (11/5/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com