RAM Oppo A74 Bisa Ditambah hingga Menjadi 11 GB

Kompas.com - 17/05/2021, 20:02 WIB
Oppo A74 dan kemasan penjualannya. Ponsel ini terdiri dari satu varian, yakni 6 GB/128 GB dan dibanderol dengan harga sebesar Rp 3.499.000 di Indonesia. Spesifikasinya mencakup chipset Snapdragon 662 dan baterai 5.000 mAh. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 11 dengan antarmuka ColorOS 11.1. KOMPAS.com/Kevin Rizky PratamaOppo A74 dan kemasan penjualannya. Ponsel ini terdiri dari satu varian, yakni 6 GB/128 GB dan dibanderol dengan harga sebesar Rp 3.499.000 di Indonesia. Spesifikasinya mencakup chipset Snapdragon 662 dan baterai 5.000 mAh. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 11 dengan antarmuka ColorOS 11.1.

KOMPAS.com - Oppo telah meluncurkan lini ponsel A terbarunya di Indonesia, yakni Oppo A74. Ponsel ini telah dilengkapi dengan sistem operasi Android 11 yang dilapis antarmuka terbaru, ColorOS 11.1.

Kabar baiknya, dalam ColorOS 11.1, terdapat fitur anyar untuk membuat memori RAM ponsel Oppo menjadi lebih besar, fitur ini diberi nama RAM Expansion.

Namun, belum semua ponsel Oppo kebagian fitur baru ini. Sebab menurut pihak Oppo Indonesia, fitur RAM Expansion saat ini baru tersedia di lini ponsel Oppo A74 4G saja.

Baca juga: Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Oppo A74

Belum ada informasi lebih lanjut terkait kapan dukungan RAM Expansion ini akan menyambangi lini ponsel Oppo lainnya.

"RAM expansion akan tersedia tergantung dengan model perangkat dan wilayah, sementara ini tersedia terlebih dahulu untuk A74 4G di Indonesia," ujar Oppo Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (17/5/2021).

Baca juga: Apa Itu RAM di Smartphone dan Fungsinya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga 11 GB

Fitur RAM Expansion mampu memungkinkan pengguna untuk memperluas kapasitas RAM Oppo A74 hingga 5 GB. Artinya, RAM ponsel yang sebelumnya berukuran 6 GB kini dapat diperluas hingga mencapai 11 GB.

Berdasarkan posting yang diunggah akun Facebook resmi ColorOS, fitur ini bekerja dengan mengubah memori perangkat yang tidak digunakan (ROM) sebagai resource untuk RAM tambahan.

Baca juga: Vivo X60 dan X60 Pro Punya Fitur Pinjam Memori

Kehadiran fitur RAM Expansion tentu terbilang praktis. Pasalnya, pihak ColorOS mengklaim jika fitur ini mampu mengurangi terjadinya lag, membuat aplikasi bekerja lebih optimal, serta mempercepat proses pengelolaan banyak aplikasi secara bersamaan.

Fitur menambah memori RAm ini menjadi tren baru yang diadopsi sejumlah vendor ponsel China. Selain Oppo dengan fitur RAM Expansion ini, sebelumnya Vivo juga mengenalkan fitur serupa di lini ponsel X60, yang diberi nama Extended RAM.

Baca juga: Apa Beda RAM dan ROM di Smartphone?

Fitur Extended RAM memungkinkan sistem Vivo X60 series "meminjam" memori (sebesar 3 GB) dari media penyimpanan ponsel untuk menambah kapasitas RAM.

Sementara Xiaomi saat ini dikabarkan tengah mengoprek MIUI 12 untuk menambah fitur RAM expansion/extension di ponsel-ponselnya, dengan cara meminjam memori internal untuk dijadikan sebagai resource RAM.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.