Twitter Siapkan Fitur Batalkan Twit untuk Pengguna Berbayar

Kompas.com - 18/05/2021, 07:11 WIB
Ilustrasi akun Twitter CNNIlustrasi akun Twitter

KOMPAS.com - Twitter tengah menyiapkan layanan permiumnya dalam waktu belakangan. Kabar terbaru menyebut layanan Twitter berbayar ini nantinya akan diberi nama Twitter Blue dan punya sejumlah fitur khusus.

Informasi ini dibeberkan oleh pembocor kenamaan, Jane Manchun Wong yang kerap membocorkan fitur baru media sosial.

Dalam sebuah utas (thread) Jane mengatakan bahwa biaya berlangganan Twitter Blue dibanderol 2,99 dollar AS atau sekitar Rp 43.000 (kurs dollar Rp 14.200) per bulan.

Dengan biaya tersebut, Twitter akan menawarkan sejumlah fitur premium yang tidak hadir di versi gratis. Beberapa fitur diungkap Jane, salah satunya fitur batalkan twit atau undo tweet.

Baca juga: Twitter Perkenalkan Tip Jar, Fitur Baru untuk Kirim Uang

Fitur ini mirip dengan fitur untuk membatalkan pengiriman pesan yang sudah lebih dulu hadir di Gmail.

Tombol undo tweet akan muncul beberapa detik setelah twit diunggah. Adapun durasi yang memungkinkan untuk membatalkan twit adalah 5 hingga 30 detik setelah twit diunggah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, Twitter juga akan menghadirkan fitur bernama "collections". Fitur ini sejatinya adalah pengembangan dari fitur bookmarks yang sudah ada selama ini.

Di collections, pengguna bisa mengelola twit favorit mereka agar mudah ditemukan di kemudian hari. Pengguna Twiter Blue juga tidak akan menemui iklan di linimasa berkat akuisisi platform bebas iklan Scroll baru-baru ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, pekan lalu Twitter mengumumkan akuisisinya terhadap Scroll, platform yang memungkinkan pengguna menghapus iklan dari situs web namun tetap bisa mendukung para penerbit untuk meraup pendapatan dari iklan yang ada di halamannya.

Baca juga: Twitter Beli Scroll, Layanan Baca Berita Tanpa Iklan

Twitter juga akan memaketkan Revue di dalam layanan premiumnya. Revue sendiri merupakan perusahaan newslatter yang diakuisisi Twitter bulan Januari lalu. Dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Senin (17/5/2021), Twitter masih terus mengembangkan Twitter Blue.

Jane mengatakan penamaan, tarif, dan fitur di layanan Twitter premium masih bisa berubah hingga benar-benar resmi diluncurkan. Sejauh ini, Twitter belum mengumumkan kapan layanan berbayarnya akan dirilis secara global.



Sumber 9to5mac
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X