Polisi Datangi Kantor Twitter India gara-gara Kicauan yang Diberi Label

Kompas.com - 27/05/2021, 06:39 WIB
Ilustrasi Twitter User bbc.comIlustrasi Twitter User

KOMPAS.com - Kepolisian wilayah Delhi mendatangi kantor Twitter India pada Senin (24/5/2021) pagi waktu setempat. Ada dua tim yang "menggerebek" kantor Twitter yang berlokasi di Lado Sarai dan Gurgaon.

Dalam laporan beberapa media lokal, disebutkan bahwa kepolisian datang ke kantor Twitter untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai alasan Twitter melabeli salah satu kicauan dari juru bicara partai penguasa di sana sebagai "manipulated media".

Setelah satu jam melakukan pencarian, tim yang tergabung dalam Delhi Police Special Team tersebut mengosongkan kantor Twitter karena tidak menemukan karyawan yang terlibat dengan kasus tersebut dan banyak karyawan yang bekerja dari rumah.

Baca juga: Twitter Kembali Buka Program Centang Biru, Begini Cara Mengajukannya

Pekan lalu, Pemerintah New Delhi telah mengirimkan surat kepada Twitter terkait label yang disematkan kepada juru bicara partai BJP, Sambit Patra. BJP adalah partai yang saat ini menjadi partai penguasa di India.

Dalam kicauannya, Petra menuding kongres yang dipimpin partai oposisi menggunakan sesuatu yang dinamakan "toolkit" untuk menjegal upaya pemerintah membendung pandemi Covid-19 di negaranya.

Saat ini, India sedang diterpa "tsunami" Covid-19 gelombang kedua. Bahkan, pada pekan pertama bulan Mei lalu, kasus Covid-19 di India bertambah 1,57 juta kasus dalam tujuh hari.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain pelonggaran, mutasi varian baru B.1617.2 yang disebut lebih cepat penularannya dibanding varian lain, menjadi pemicu meningkatnya kasus Covid-19 yang sempat mereda. Kini, India memiliki total 26,9 juta kasus Covid-19 per 25 Mei 2021.

Setelah twit itu diunggah melalui akun dengan handle @sambitswaraj pada 18 Mei 2021, organisasi pemeriksa fakta, Alt News, lantas membantah tudingan tersebut.

Tangkapan layar twit juru bicara partai BJP India yang membuat kantor Twitter di India didatangi Kepolisian Delhi.Alt News India Tangkapan layar twit juru bicara partai BJP India yang membuat kantor Twitter di India didatangi Kepolisian Delhi.

Kepolisian Delhi mengatakan menerima laporan atas label "manipulated media" yang disematkan Twitter pada kicauan Petra dan sedang menyelidiki laporan tersebut.

Baca juga: Twitter Ungkap Cara Pengguna Dapat Uang dari Fitur Spaces

Polisi beralasan datang ke kantor Twitter India untuk menyampaikan pemberitahuan penyelidikan kepada kepala Twitter India.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X