5 Syarat untuk Menikmati Layanan 5G Telkomsel

Kompas.com - 28/05/2021, 15:07 WIB
Ilustrasi layanan 5G Telkomsel. KOMPAS.com/Reska K. NistantoIlustrasi layanan 5G Telkomsel.

KOMPAS.com - Telkomsel resmi menggelar jaringan 5G secara komersil di Indonesia. Namun, tidak semua pelanggan Telkomsel bisa langsung menikmati layanan 5G.

Sebab ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat-syarat tersebut mencakup tipe kartu SIM, lokasi, serta dukungan perangkat. Berikut adalah syarat agar bisa menikmati layanan internet 5G Telkomsel.

1. Sudah pakai USIM

Pertama, pastikan bahwa kartu SIM sudah menggunakan tipe Universal Subscriber Indentity Mobile (USIM). USIM merupakan tipe kartu yang digunakan untuk jaringan 4G LTE.

Sebab, jaringan 4G LTE tidak bisa dijangkau apabila pengguna masih menggunakan jenis kartu SIM lama.

Dengan kata lain, apabila saat ini telah menggunakan jaringan 4G LTE, hampir bisa dipastikan sudah menggunakan USIM.

"Untuk saat ini (migrasi ke) jaringan 5G tidak perlu mengganti (kartu), asal sudah 4G," ujar Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, dalam konferensi pers di Kantor Kominfo, Senin (24/5/2021).

Untuk lebih meyakinkan, pengguna bisa melihat fisik kartu SIM. Apabila terdapat tulisan atau logo 4G, bisa dipastikan bahwa kartu sudah menggunakan USIM.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengecekan juga bisa dilakukan melalui nomor *888*47# lalu pilih menu "cek kartu". Jika telah menggunakan USIM, maka akan muncul keterangan "Kartu Anda sudah 4G".

Baca juga: 5 Mitos dan Fakta Seputar Jaringan 5G

Namun jika belum, segera menukarkan kartu ke GraPARI terdekat atau melalui situs web berikut. Apabila telah menggunakan USIM 4G, pengguna tidak perlu mengganti kartu SIM demi bisa menikmati layanan 5G.

2. Smartphone band 40

Tidak semua smartphone 5G yang tersedia di Indonesia bisa terhubung dengan internet 5G Telkomsel.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X