Telkomsel Resmi Gelar 5G, Bagaimana Nasib Jaringan 4G?

Kompas.com - 28/05/2021, 09:04 WIB
Ilustrasi jaringan 2G, 3G, 4G, hingga 5G. Kompas.com/BILL CLINTENIlustrasi jaringan 2G, 3G, 4G, hingga 5G.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Telkomsel resmi menggelar jaringan 5G komersial di Indonesia pada Kamis (27/5/2021).

Jaringan 5G membawa peningkatan kecepatan data yang lebih tinggi, serta latency yang lebih rendah dari jaringan 4G.

Dengan hadirnya jaringan generasi kelima di Indonesia, lantas bagaimana nasib 4G ke depannya?

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, menegaskan bahwa pihaknya akan tetap menyediakan jaringan legacy alias 2G/3G, serta 4G di Tanah Air.

"Dengan kami berinvestasi di 5G, bukan berarti layanan 2G, 3G, atau 4G terhenti. Kami akan tetap menyediakan apapun layanan yang dibutuhkan masyarakat," ujar Setyanto kepada KompasTekno di acara peluncuran "5G Unlock the Future".

Baca juga: 5 Mitos dan Fakta Seputar Jaringan 5G

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro dalam acara peluncuran jaringan 5G Telkomsel di Jakarta, Kamis (27/5/2021)KOMPAS.com/ BILL CLINTEN Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro dalam acara peluncuran jaringan 5G Telkomsel di Jakarta, Kamis (27/5/2021)
Setyanto menambahkan, pihaknya secara bersamaan juga ingin mengedukasi masyarakat Indonesia untuk menggunakan jaringan terbaru alias 5G.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa merasakan manfaat yang ditawarkan teknologi tersebut dan melakukan berbagai hal secara efisien.

"Perkembangan 5G tergantung dengan use case yang ada. Jadi, semakin masyarakat mulai belajar dan membutuhkan 5G, kami akan turut mengembangkan 5G lebih lanjut," ujar Setyanto.

"Semoga masyarakat Indonesia cepat belajar, sehingga cepat kami pun bisa cepat memenuhi kebutuhan mereka," imbuh Setyanto.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan pengembangan 4G dan 5G akan dilakukan secara bersamaan. Sebab, masih ada beberapa wilayah di Indonesia yang belum terjangkau 4G.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X