Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Resmi Gelar 5G, Bagaimana Nasib Jaringan 4G?

Kompas.com - 28/05/2021, 09:04 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Telkomsel resmi menggelar jaringan 5G komersial di Indonesia pada Kamis (27/5/2021).

Jaringan 5G membawa peningkatan kecepatan data yang lebih tinggi, serta latency yang lebih rendah dari jaringan 4G.

Dengan hadirnya jaringan generasi kelima di Indonesia, lantas bagaimana nasib 4G ke depannya?

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, menegaskan bahwa pihaknya akan tetap menyediakan jaringan legacy alias 2G/3G, serta 4G di Tanah Air.

"Dengan kami berinvestasi di 5G, bukan berarti layanan 2G, 3G, atau 4G terhenti. Kami akan tetap menyediakan apapun layanan yang dibutuhkan masyarakat," ujar Setyanto kepada KompasTekno di acara peluncuran "5G Unlock the Future".

Baca juga: 5 Mitos dan Fakta Seputar Jaringan 5G

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro dalam acara peluncuran jaringan 5G Telkomsel di Jakarta, Kamis (27/5/2021)KOMPAS.com/ BILL CLINTEN Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro dalam acara peluncuran jaringan 5G Telkomsel di Jakarta, Kamis (27/5/2021)
Setyanto menambahkan, pihaknya secara bersamaan juga ingin mengedukasi masyarakat Indonesia untuk menggunakan jaringan terbaru alias 5G.

Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa merasakan manfaat yang ditawarkan teknologi tersebut dan melakukan berbagai hal secara efisien.

"Perkembangan 5G tergantung dengan use case yang ada. Jadi, semakin masyarakat mulai belajar dan membutuhkan 5G, kami akan turut mengembangkan 5G lebih lanjut," ujar Setyanto.

"Semoga masyarakat Indonesia cepat belajar, sehingga cepat kami pun bisa cepat memenuhi kebutuhan mereka," imbuh Setyanto.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan pengembangan 4G dan 5G akan dilakukan secara bersamaan. Sebab, masih ada beberapa wilayah di Indonesia yang belum terjangkau 4G.

"Saya ingin memastikan rollout 5G Telkomsel yang dilakukan hari ini juga tetap berjalan operasi simultan bersama jaringan 4G," kata Johnny.

Baca juga: Pengamat Apresiasi Telkomsel Luncurkan 5G di Tengah Pandemi

"Karena pembangunan 5G secara merata di seluruh wilayah Tanah Air justru yang akan menjadi tonggak-tonggak penting infrastruktur telekomunikasi nasional kita," imbuh Johnny.

Masih menggunakan infrastruktur 4G

Direktur Network Telkomsel Nugroho, mengatakan jaringan 5G yang diusung Telkomsel adalah non-standalone (NSA), alias menggunakan infrastruktur jaringan 4G yang sudah ada.

Telkomsel menggunakan infrastruktur 4G karena ingin segera menghadirkan jaringan 5G di Indonesia.

Meskipun menggunakan infrastruktur 4G, jaringan 5G Telkomsel saat ini diklaim jauh lebih kencang, dengan kecepatan download mencapai kisaran 750 Mbps.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com