Layanan 5G Telkomsel Kini Hadir di Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar

Kompas.com - 07/06/2021, 18:12 WIB

KOMPAS.com - Setelah wilayah Jabodetabek, Solo, Medan, dan Balikpapan, kini giliran Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, serta Denpasar yang kebagian bisa mencicipi layanan 5G dari Telkomsel.

Keterangan resmi yang diterima KompasTekno menyebutkan bahwa operator seluler pelat merah tersebut telah secara resmi mengekspansi layanan 5G komersialnya ke lima kota tersebut mulai hari ini, Senin (7/6/2021).

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, hadirnya layanan 5G Telkomsel di lima kota ini merupakan wujud komitmen Telkomsel untuk menghadirkan akses konektivitas digital terdepan yang dapat mendorong keterbukaan peluang-peluang yang lebih luas.

Baca juga: Jaringan 5G Telkomsel Resmi Hadir di Medan dan Balikpapan

"Kami secara bertahap akan memperluas jangkauan 5G dan mengembangkan solusi digital melalui layanan 5G dengan kualitas terbaik, jaringan berkecepatan tinggi, dan latensi rendah, serta mendorong kolaborasi yang semakin kuat antar pemangku kepentingan," kata Nugroho.

Pada fase awal peluncuran ini, layanan 5G baru bisa dijajal di hotspot yang terletak di gerai-gerai Grapari Telkomsel. Adapun rinciannya sebagai berikut:

  • Grapari Batam Centre, Kepulauan Riau
  • Grapari Pemuda Surabaya, Jawa Timur
  • Grapari Pettarani Makassar, Sulawesi Selatan
  • Grapari Renon Denpasar, Bali

Sedangkan, untuk Bandung sendiri, layanan 5G Telkomsel tersedia di dua universitas, yakni di Telkom University dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Meski masih terbatas, Telkomsel mengungkapkan akan akan terus memperluas cakupan layanan 5G miliknya wilayah-wilayah tersebut.

Demo layanan 5G di Grapari Telkomsel.Telkomsel Demo layanan 5G di Grapari Telkomsel.

Masyarakat yang di daerahnya sudah tersedia layanan 5G Telkomsel juga dapat mengunjungi gerai-gerai Grapari tersebut untuk menjajal berbagai demo layanan 5G, seperti Cloud Gaming, VR, 5G Roaming, dan 5G FWA (Fixed Wireless Access).

Untuk perangkat handset alias ponsel, ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi agar bisa tersambung ke jaringan 5G Telkomsel, terutama dukungan band n40 (2.300 MHz).

Baca juga: Belum Ada Smartphone yang Bisa Terkoneksi Sinyal 5G di Indonesia, Ini Penjelasannya

Ponselnya juga harus sudah mendapatkan pembaruan software over the air (OTA) untuk membuka kunci (unlock) fitur 5G terlebih dahulu. Kemudian, pastikan juga jenis kartu SIM yang digunakan adalah uSIM (kartu SIM 4G LTE).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.