Jaringan 5G Telkomsel Resmi Hadir di Medan dan Balikpapan

Kompas.com - 04/06/2021, 17:55 WIB
Jaringan sinyal 5G Telkomsel di ponsel Oppo. KOMPAS.com/Reska K. NistantoJaringan sinyal 5G Telkomsel di ponsel Oppo.

KOMPAS.com - Usai resmi menggelar 5G di Jakarta, operator seluler Telkomsel memperluas jangkauan jaringan generasi kelima ke kota-kota besar lainnya.

Ada tiga kota yang kini terjangkau jaringan 5G Telkomsel yaitu Balikpapan, Medan, dan Surakarta.

Telkomsel meluncurkan layanan 5G tersebut secara serentak pada Kamis (3/6/2021) lalu di sejumlah titik yang berlokasi di GraPARI Telkom Group Medan, Kantor Balai Kota Surakarta, dan GraPARI Balikpapan.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, berharap kehadiran layanan 5G di tiga kota tersebut mampu memajukan ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan.

"Hadirnya jaringan 5G di tiga kota ini merupakan awal dari upaya berkelanjutan yang dilakukan secara terukur, dengan harapan kedepannya dapat mengakselerasi pengalaman gaya hidup digital masyarakat, serta digitalisasi aktivitas yang dilakukan mulai dari pemerintah daerah, pelaku UMKM, hingga lintas sektor industri," ujar Hendri.

Baca juga: Telkomsel Resmi Gelar Jaringan 5G di Kota Solo.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan bahwa Kementerian Kominfo akan mendorong operator telekomunikasi untuk melaksanakan coexist antara 4G dan 5G.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ke depannya 5G akan dikembangkan secara gradual sesuai kematangan ekosistem, khususnya di wilayah kota-kota perintis, yakni Surakarta dan 7 kota lainnya," tutur Johnny dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (4/6/2021).

Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio, Menkominfo Johnny G. Plate, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming, dan Dirut Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam acara peluncuran layanan 5G di Balai Kota Surakarta.Telkomsel Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio, Menkominfo Johnny G. Plate, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming, dan Dirut Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam acara peluncuran layanan 5G di Balai Kota Surakarta.
Pada fase awal peluncuran, cakupan wilayah layanan Telkomsel 5G di Balikpapan, Medan, dan Surakarta masih terbilang cukup terbatas.

Untuk kota Medan, wilayah cakupan Telkomsel 5G meliputi area GraPARI Telkom Group Medan, area residensial BHR Residence (Bukit Hijau Regency), Taman Setia Budi Indah (Tasbih 1) dan Perumahan Dinas Pemerintahan di Jalan Jenderal Sudirman.

Di kota Surakarta, cakupan jaringan Telkomsel 5G meliputi area Balai Kota Surakarta dan GraPARI Surakarta. Sementara di kota Balikpapan, jaringan Telkomsel 5G sudah dapat dinikmati di GraPARI Balikpapan.

Baca juga: Lokasi, Harga Paket, Daftar Ponsel, dan Syarat Pemakaian Internet 5G Telkomsel

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X