Orang Indonesia Mulai Banyak Cari Ponsel 5G Murah di Google

Kompas.com - 09/06/2021, 14:54 WIB
ilustrasi smartphone 5G CNETilustrasi smartphone 5G

KOMPAS.com - Belakangan ini topik jaringan generasi kelima alias 5G menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Terlebih semenjak jaringan 5G akhirnya mulai digelar di Indonesia secara terbatas oleh operator seluler Telkomsel, mulai akhir Mei lalu.

Hal ini lantas mendorong masyarakat Indonesia untuk kemudian mencari tahu soal smartphone yang sudah bisa terhubung dengan jaringan 5G itu. Misalnya melalui mesin pencarian Google.

Perubahan perilaku tersebut membuat kata kunci (keyword) pencarian yang berkaitan dengan ponsel 5G naik drastis. Setidaknya begitulah yang tercatat di situs yang menyajikan statistik topik pencarian web populer, Google Trends.

Baca juga: Perjalanan 5G di Indonesia, dari Uji Coba, Lelang Frekuensi, hingga Komersil

Senior Account Manager Google Indonesia Stephanie Elizabeth mengatakan, pencarian kata kunci "HP 5G" mengalami kenaikan drastis hingga mencapai 111 persen di 2021. Menurut dia, kenaikan ini terjadi berbarengan dengan dimulainya penggelaran jaringan 5G di Indonesia.

"Bila dilihat di peta, ternyata pencarian terkait 'HP 5G' ini menyeluruh di seluruh Indonesia. Tidak hanya di kota-kota besar saja," kata Stephanie dalam acara Realme 5G Summit yang diselenggarakan secara online, Selasa (8/6/2021).

Data keyword pencarian populer soal HP 5G di Google Trends.Google Indonesia Data keyword pencarian populer soal HP 5G di Google Trends.
Orang Indonesia banyak cari ponsel 5G murah

Adapun keyword pencarian populer soal ponsel 5G yang tercatat di Google Trends di antaranya adalah "rekomendasi HP 5G", "HP 5G murah 2 jutaan", "HP yang sudah 5G", serta "HP Android 5G".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Stephanie menilai sejumlah keyword populer tersebut menarik karena mengindikasikan beberapa hal.

Baca juga: Kapan Ponsel 5G Harga Rp 2 Jutaan Hadir di Indonesia?

Pertama, setelah jaringan 5G resmi digelar di Indonesia, masyarakat mulai mengambil aksi dengan niat untuk membeli ponsel 5G. Menurut Stephanie, ini tercermin dari keyword 'rekomendasi HP 5G' tadi.

"Lalu dengan keyword 'HP 5G murah 2 jutaan', ini mengindikasikan bahwa orang-orang Indonesia tidak hanya cukup dengan teknologi yang ada, tapi juga masih mempedulikan value of money," kata Stephanie.

"Jadi memang mencarinya handphone 5G yang affordable," imbuh dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.