Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Indonesia Mulai Banyak Cari Ponsel 5G Murah di Google

Kompas.com - 09/06/2021, 14:54 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan ini topik jaringan generasi kelima alias 5G menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Terlebih semenjak jaringan 5G akhirnya mulai digelar di Indonesia secara terbatas oleh operator seluler Telkomsel, mulai akhir Mei lalu.

Hal ini lantas mendorong masyarakat Indonesia untuk kemudian mencari tahu soal smartphone yang sudah bisa terhubung dengan jaringan 5G itu. Misalnya melalui mesin pencarian Google.

Perubahan perilaku tersebut membuat kata kunci (keyword) pencarian yang berkaitan dengan ponsel 5G naik drastis. Setidaknya begitulah yang tercatat di situs yang menyajikan statistik topik pencarian web populer, Google Trends.

Baca juga: Perjalanan 5G di Indonesia, dari Uji Coba, Lelang Frekuensi, hingga Komersil

Senior Account Manager Google Indonesia Stephanie Elizabeth mengatakan, pencarian kata kunci "HP 5G" mengalami kenaikan drastis hingga mencapai 111 persen di 2021. Menurut dia, kenaikan ini terjadi berbarengan dengan dimulainya penggelaran jaringan 5G di Indonesia.

"Bila dilihat di peta, ternyata pencarian terkait 'HP 5G' ini menyeluruh di seluruh Indonesia. Tidak hanya di kota-kota besar saja," kata Stephanie dalam acara Realme 5G Summit yang diselenggarakan secara online, Selasa (8/6/2021).

Data keyword pencarian populer soal HP 5G di Google Trends.Google Indonesia Data keyword pencarian populer soal HP 5G di Google Trends.
Orang Indonesia banyak cari ponsel 5G murah

Adapun keyword pencarian populer soal ponsel 5G yang tercatat di Google Trends di antaranya adalah "rekomendasi HP 5G", "HP 5G murah 2 jutaan", "HP yang sudah 5G", serta "HP Android 5G".

Stephanie menilai sejumlah keyword populer tersebut menarik karena mengindikasikan beberapa hal.

Baca juga: Kapan Ponsel 5G Harga Rp 2 Jutaan Hadir di Indonesia?

Pertama, setelah jaringan 5G resmi digelar di Indonesia, masyarakat mulai mengambil aksi dengan niat untuk membeli ponsel 5G. Menurut Stephanie, ini tercermin dari keyword 'rekomendasi HP 5G' tadi.

"Lalu dengan keyword 'HP 5G murah 2 jutaan', ini mengindikasikan bahwa orang-orang Indonesia tidak hanya cukup dengan teknologi yang ada, tapi juga masih mempedulikan value of money," kata Stephanie.

"Jadi memang mencarinya handphone 5G yang affordable," imbuh dia.

Ponsel 5G banyak dilirik gamer

Bila dilihat profil pencarinya, Stephanie mengungkapkan, anak-anak muda dengan rentang usia 18-24 tahunlah yang paling dominan mencari keyword soal ponsel 5G ini di Google search.

Selain itu pencarian berasal dari profil pengguna yang kebanyak berjenis kelamin laki-laki dan belum memiliki anak.

"Berdasarkan data internal Google, hal menarik lainnya, ternyata profil pencari HP 5G merupakan fans game bertema petualangan dan strategi," jelas Stephanie.

Menurut dia, hal ini sejalan mengingat jaringan 5G menjanjikan kecepatan tinggi dan latensi rendah, sehingga dapat mendukung pengalaman cloud gaming yang lebih mulus.

Baca juga: 5G Diprediksi Membunuh PlayStation dkk

Sejauh ini, anak-anak muda Indonesia juga memang dilaporkan lebih gemar bermain game melalui smartphone. Hal ini terbukti, kata Stephanie, dari hasil laporan Google terkait generasi Z Indonesia dengan game online yang dipublikasi pada 2020 lalu.

"Laporan itu menyebutkan, 60 persen dari Gen Z bermain game menggunakan smartphone.  Ini align (sejalan) dengan kenaikan dalam pencarian kata-kata kunci soal HP 5G tadi," pungkas Stephanie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com